Sarapan Apel hingga Ubi Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 06:00 WIB
pria muda memakan sebutir apel hijau Foto: Getty Images

4. Yogurt

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Makanan kaya probiotik seperti yogurt organik, hingga kefir, merupakan menu sarapan sehat yang bisa membantu BAB. Probiotik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium, merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk tubuh.

Dua jenis bakteri ini dapat membantu masalah pencernaan. Selain itu kandungan dari probiotik ini bisa membantu sistem pencernaan, untuk menyerap dan mencerna nutrisi dari makanan.

5. Pir

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Buah pir sama seperti apel yang bisa melancarkan pencernaan di pagi hari. Pir mengandung serat yang tinggi bahkan lebih dari ubi dan apel. Dalam satu buah pir ukuran 178 gram setidaknya ada 6 gram serat yang setara dengan 24% kebutuhan serat harian.

Buah ini juga kaya sorbitol yaitu alkohol gula yang menarik air ke saluran pencernaan dan merangsang pergerakan usus dalam tubuh agar BAB. Tentunya karena kandungan gulanya, konsumsi buah pir perlu dibatasi setiap harinya.

Selain itu ada kandungan fruktosa di dalam buah manis yang satu ini. Fruktosa bisa bertindak sebagai pencahar alami yang aman dan tidak berbahaya bagi tubuh dibandingkan meminum obat pencahar lainnya.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Dicontek dari Diet Mediterania

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com