5 Makanan Sehat Ini Ternyata Lebih Enak dari Junk Food

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 08:00 WIB
Food photography closeup photo of popcorn in cooked a pan Foto: iStock

4. Mangga

manggamangga Foto: iStock


Populer dijadikan jus hingga aneka dessert yang memukau, buah mangga ternyata masuk ke dalam makanan sehat yang rasanya seenak junk food. Buah yang satu ini punya rasa manis legit ketika matang dan asam menggigit ketika masih muda.

Masuk ke dalam jenis buah tropis, kandungan serat dan antioksidan yang ada di mangga cukup menguntungkan tubuh. Buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C, sama seperti semangka kandungan kalorinya juga rendah.

Indeks glikemik buah mangga terdiri dari ukuran rendah sampai sedang jadi tidak akan meningkatkan lonjakan kadar gula darah selama tidak dimakan secara berlebihan. Selain itu mangga juga bisa membantu mengurangi risiko terserang penyakit kronis termasuk kanker.

5. Keju

Dairy products assortment shot on rustic wooden table. Dairy products included are milk, yogurt, butter, goat cheese, mozzarella, ricotta, Parmesan cheese, emmental cheese, eggs and hard cheese. Low key DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Foto: iStock


Terkenal di seluruh dunia, keju jadi salah satu makanan yang paling digemari karena rasanya yang enak dan gurih serta bisa diolah ke dalam makanan, kue, sampai minuman. Keju juga bernutrisi tinggi.

Beberapa kandungan seperti vitamin, mineral, kalsium, vitamin B12, selenium dan zinc semuanya ada di dalam keju. Karena terbuat dari olahan susu, konsumsi keju bisa meningkatkan kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko terserang osteoporosis.

Ada berbagai jenis keju di dunia dan hampir semuanya mengandung protein dan lemak. Namun porsinya harus dibatasi karena keju mengandung kalori yang cukup tinggi. Keju juga bisa diaplikasikan di berbagai makanan.

Baca Juga: Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa Berbahaya

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com