Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa Berbahaya

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 12:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Konsumsi makanan sehat tentu diutamakan setiap orang. Namun ternyata makanan sehat juga bisa memicu masalah kesehatan jika pengolahan atau cara konsumsinya tidak tepat.

Makanan sehat belum tentu selalu bagus untuk tubuh. Misalnya madu yang biasa jadi obat alternatif beberapa penyakit, namun ternyata sangat buruk bagi tubuh jika dikonsumsi dengan tidak benar.

Bahkan bukan hanya itu, dilansir dari Bright Side (10/9), 8 makanan sehat ini juga bisa membahayakan jika tidak hati-hati dalam mengonsumsinya.

1. Daging dan seafood

Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa BerbahayaFoto: Istimewa

Daging dan seafood tentu memiliki banyak protein yang baik untuk tubuh. Namun jika Anda konsumsi daging dan seafood dengan cara dibakar, maka lain ceritanya. Suhu tinggi tersebut akan membuat protein dalam daging berubah dan justru menjadi berbahaya bagi kesehatan. Jadi jika Anda tetap ingin mendapatkan protein yang baik bagi tubuh dari daging dan seafood tersebut, Anda bisa masak daging pada suhu yang lebih rendah.

Dengan cara ini, suhu rendah akan mengurangi penumpukan karsinogen dalam makanan Anda. Anda juga perlu memarinasi daging dan membaliknya sesering mungkin. Hal ini dapat membantu meminimalkan senyawa pemicu kanker dari proses memanggang daging.

2. Madu

Madu sering dipakai sebagai obat alternatif untuk beberapa penyakit. Namun ternyata, madu yang tidak dipasteurisasi mengandung banyak racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh bakteri, protozoa, kapang, dan khamir. Suatu proses untuk melambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan.

Meskipun Anda konsumsi hanya satu sendok teh madu yang tidak dipasteurisasi atau madu yang tidak dipasteurisasi dengan benar, maka bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, dan muntah.

3. Kentang

Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa BerbahayaFoto: Istimewa

Jika kentang dibiarkan dalam ruang lembap atau disimpan terlalu lama, kentang akan tumbuh tunas. Dan tunas yang tumbuh itu sangat beracun. Jadi jangan biarkan kentang ini diolah. Sebab akan menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah, sakit perut dan diare.

4. Kacang mete

Mengonsumsi kacang mete mentah dapat berdampak buruk bagi kesehatan atau bahkan mematikan, terutama bagi Anda yang alergi terhadap poison ivy. Kacang mete mentah dapat Anda temukan di beberapa toko, namun ternyata kacang tersebut tidak sepenuhnya mentah. Sebab kacang itu sudah dikukus agar menghilangkan zat kimia yang disebut urushiol yang juga dapat ditemukan di poison ivy.

5. Almond

Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa BerbahayaFoto: iStock

Almond memang memiliki dua jenis, ada yang manis dan pahit. Almond pahit dikatakan mengandung jumlah hidrogen sianida yang relatif banyak. Jika Anda memakan 5 hingga 10 almond pahit mentah, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi orang dewasa dan bisa berakibat fatal pada anak-anak.

Namun, almond pahit yang diproses masih bisa aman dikonsumsi selama semua hidrogen sianida diekstraksi selama proses pemurniannya. Jadi jika Anda melihat pohon almond, jangan pernah mencoba memakan kacang mentah tersebut.

6. Roti

Meskipun roti termasuk makanan yang sering dikonsumsi, namun beberapa jenis roti justru juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Roti putih yang dikemas mengandung tepung dan aditif yang diproses tinggi sehingga tidak sehat. Mengonsumsi roti putih dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Bukan hanya itu, roti gandum yang sering dikatakan sebagi roti sehat justru juga memiliki berbagai bahan pengawet, tambahan gula, dan garam yang buruk untuk kesehatan Anda. Jadi disarankan untuk mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian karena lebih mudah dicerna dan mengandung lebih banyak protein, serat, folat, vitamin C, dan nutrisi sehat lainnya.

7. Susu

Kalau Diolah dengan Cara Tak Benar, 8 Makanan Sehat Ini Bisa BerbahayaFoto: iStock

Pada umumnya, susu adalah campuran air, protein, gula, mineral, dan vitamin. Meskipun susu memiliki banyak manfaat, masih ada beberapa risiko yang perlu Anda waspadai. Minum susu dalam jumlah teratur itu sehat, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi susu dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kalsium dari susu dapat menyebabkan kanker ovarium pada wanita dan kanker prostat pada pria.

8. Kerang

Kerang memang termasuk makanan yang bagus untuk diet sehat karena kaya akan protein, asam lemak omega-3, lemak baik, dan banyak mineral seperti magnesium, seng, besi, dan tembaga. Semua nutrisi super sehat ini memberikan manfaat besar bagi tubuh Anda. Tetapi, kerang dapat menjadi salah satu makanan yang tidak sehat jika dibiarkan kurang matang atau mentah, mereka dapat mengandung kontaminan yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Makan sedikit kerang yang belum matang dapat menyebabkan infeksi bakteri dan keracunan makanan. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan proses memasak kerang dan pastikan Anda masak dengan benar.



Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)