Diklaim Bisa Cegah COVID-19, Rutinlah Konsumsi Makanan Kaya Vitamin K Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 18:30 WIB
Fresh grapes and basket composition. Foto: Getty Images/Muhla1
Jakarta -

Penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan kalau vitamin K bisa meminimalisir resiko COVID-19. Vitamin K bisa didapatkan dari berbagai makanan.

Para peneliti di Belanda menemukan fakta kalau pasien COVID-19 yang kekurangan vitamin K lebih beresiko mengalami dampak yang parah. Bahkan angka pasien kritis dan meninggal banyak yang memiliki kadar vitamin K yang sangat rendah dibandingkan orang yang sehat.

Peneliti yang bekerjasama dengan Cardiovascular Research Institute Maastricht menemukan kalau COVID-19 bukan hanya menyerang sistem pernapasan tapi juga organ. Vitamin K dalam tubuh membantu menghasilkan protein pelindung untuk serat elastis yang ada di saluran pernapasan.

Vitamin K sendiri sebenarnya memiliki peran sangat penting dalam menjaga sistem kesehatan, namun sayangnya banyak orang justru terbilang asing dengan vitamin K. Sumber vitamin K bisa didapatkan dengan mudah lewat makanan seperti bayam, brokoli, kacang kedelai hingga buah anggur segar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin K.

1. Bayam

Fresh grapes and basket composition.Fresh grapes and basket composition. Foto: Getty Images/Muhla1


Kandungan zat besi yang tinggi pada bayam memang kerap membuat orang memilih mengolahnya sebagai santapan harian. Di samping itu, bayam juga mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan jantung serta tulang. Jika pasokan vitamin K terpenuhi maka kepadatan tulang akan terjaga. Kekurangan vitamin K kerap dikaitkan dengan patah tulang atau osteoporosis.

Bayam juga terbukti ampuh mencegah penyakit asma dan masalah pernapasan. Penelitian yang dilakukan terhadap 433 anak pengidap penyakit asma dan 537 anak tanpa asma menunjukkan kalau anak yang kekurangan beta-karoten cenderung lebih mudah terserang asma. Beta-karoten bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi bayam.

Penelitian soal kandungan dan manfaat bayam sudah sangat banyak dilakukan, bayam bahkan disebut sebagai salah satu sumber makanan yang mencegah kanker, mengontrol kadar diabetes hingga menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Baca juga : Cegah Virus Corona, Konsumen Makan Pakai Tameng Pelindung

2. Anggur

Fresh grapes and basket composition.Fresh grapes and basket composition. Foto: Getty Images/Muhla1


Buah anggur segar diketahui mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Zat alami ini membantu menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat mengganggu sistem kerja organ dalam tubuh.

Anggur juga tercatat memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini mampu menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya untuk orang dewasa, kandungan vitamin K pada anggur juga sangat diperlukan oleh anak-anak.

Secara umum kandungan buah anggur bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker, melawan penuaan dini, menjaga kesehatan otak dan menurunkan kadar kolesterol. Serat pada buah anggur juga membantu menurunkan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]