Cegah Virus Corona, Konsumen Makan Pakai Tameng Pelindung

Riska Fitria - detikFood Jumat, 13 Mar 2020 13:00 WIB
tips mencegah virus corona Untuk melindungi diri dari virus corona, masyarakat di China makan pakai tameng pelindung Foto: Istimewa
Jakarta -

Untuk melindungi kostomernya dari virus corona, perusahaan pengantar makanan di China memberikan tameng pelindung yang terbuat dari karton.

Virus corona masih menjadi ketakutan terbesar di seluruh dunia, khususnya di China sebagai tempat asal virus corona. Karenanya, masyarakat setempat melakukan beberapa cara untuk mengantisipasi agar penyebaran virus corona tidak semakin luas.

Cara antisipasi tersebut juga dilakukan oleh banyak perusahaan yang menawarkan jasa layanan antar makanan di China. Salah satunya adalah Meituan, sebuah perusahaan pengiriman makanan terbesar di China.

Cegah Virus Corona, Konsumen Makan Pakai Tameng PelindungTameng pelindung dari virus corina ini terbuat dari kertas karton yang dibentuk kubus dengan ukuran 50 cm Foto: Istimewa

Meski virus corona masih merebak, tetapi layanan pesan antar makanan pada perusahaan tersebut masih tetap berjalan. Bahkan layanan pesan antar makanan itu menjadi hal penting di China, karena hingga saat ini masih banyak toko atau restoran yang tutup karena virus corona.

Namun, dalam menjalankan layanan pesan antar, perusahaan tersebut menerapkan beberapa standar operasional yang baru di tengah-tengah mewabahnya virus corona.

Baca Juga : Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya

Mereka masih mementingkan keselamatan konsumen, yaitu dengan memberikan tameng pelindung yang terbuat dari kertas karton secara gratis kepada konsumen yang memesan makanan. Kertas karton itu dibuat membentuk kubus selebar 50 cm yang akan membentengi wajah mereka selama makan.

Cegah Virus Corona, Konsumen Makan Pakai Tameng PelindungTameng pelindung virus corona ini diciptakan oleh sebuah perusahaan layanan pesan antar makanan di China Foto: Istimewa

Meituan mengatakan bahwa tameng pelindung itu dapat secara efektif mencegah makanan dari tetesan dari bersin atau batuk dari orang lain, terutama ketika mereka makan di daerah yang padat seperti kantin kantor atau ruang kerja.

Mengingat telah banyak korban yang berjatuhan karena virus corona. Bahkan pada Rabu kemarin, World Health Organization (WHO) telah menyatakan bahwa virus dengan nama lain Covid-19 sebagai pandemi global.

Pemberian tameng pelindung bukan satu-satunya tindakan preventif untuk mencegah virus corona yang dilakukan oleh perusahaan layanan pesan antar. Sebelumnya ada beberapa cara yang menjadi viral di media sosial.

Cegah Virus Corona, Konsumen Makan Pakai Tameng PelindungCara makan dengan menggunakan tameng pelindung virus corona Foto: Istimewa

Cara tersebut yaitu dengan mengantarkan makanan dengan menggunakan box contactless. Nantinya pengantar makanan akan memasukkan makanan ke kotak tersebut, lalu pengantar makanan akan mundur dengan jarak 2 meter dari kotak tersebut.

Baru kemudian konsumen boleh mendekat ke arah box tersebut untuk mengambil makanannya. Jadi, tak ada kontak antara pengirim makanan dan konsumen agar tidak tertular virus corona.

Baca Juga : Takut Virus Corona, Begini Cara Restoran di China Kirim Makanan Tanpa Kontak Langsung



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)