Hadapi Virus Corona Warga Amerika Borong Susu Gandum, Ini Sebabnya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 08 Mar 2020 06:00 WIB
Manfaat susu gandum Foto: Istock
Jakarta -

Bukan susu sapi dan susu kedelai, saat 'panic buying' warga Amerika justru borong susu gandum hingga semua stok di pasaran ludes.

Virus corona menyebar ke puluhan negara di seluruh dunia. Tak hanya negara Asia saja yang menjadi was-was sehingga memilih untuk memborong makanan untuk persediaan di rumah jika ada kemungkinan untuk karantina. Warga Australia, Italia dan Amerika melakukan hal yang sama.

Rupanya kepanikan tersebut juga dialami oleh masyarakat di Amerika Serikat. Namun, alih-alih memborong masker, tisu dan sanitizer, mereka justru hanya memborong susu gandum atau oat milk. Mereka percaya bahwa susu gandum dapat melindungi tubuh dari virus corona.

Hadapi Virus Corona Warga Amerika Borong Susu Gandum, Ini SebabnyaFoto: iStock

Menurut data dari perusahaan riset pasar Nielsen yang mencakup pekan pada 22 Februari, pertumbuhan penjualan susu non hewani merajai semua penjualan barang kebutuhan sehari-hari dan stabil. Data tersebut mengungkap bahwa penjualan susu gandum naik hingga 306% pada minggu itu, seperti yang dikutip dari My Daily News (05/03).

Data tersebut sungguh mengejutkan, pasalnya di negara lain banyak warga yang memborong makanan sehat seperti buah dan sayuran. Bahkan untuk buah segar dilaporkan memiliki pertumbuhan penjualan sebesar 13% saja yang diikuti oleh makanan lain, seperti kacang, minuman energi, dan pretzel.

Baca Juga : Susu Gandum Kian Digemari Karena Punya 5 Hal Ini

Banyak yang memborong susu gandum untuk dijadikan persediaan di rumah. Sebagai persediaan kalau mereka harus menjalani karantina sendiri. Itu karena susu nabati tersebut dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan susu hewani yang berbahan dasar susu sapi.

Selain itu, mereka percaya bahwa kandungan yang ada dalam susu gandum dapat melindungi tubuh dari virus corona. Dilansir dari US News (09/08) susu gandum memiliki banyak nutrisi. Dalam 240 ml susun gandum mengandung 130 kalori, 2 gram lemak, dan 105 miligram natrium.

Hadapi Virus Corona Warga Amerika Borong Susu Gandum, Ini SebabnyaFoto: iStock

Selain itu juga ada 26 gram karbohidrat, 17 gram gula, 2 gram serat dan 4 gram protein. Juga memiliki 133 miligram potasium dan 121 miligram kalsium. Nutrisi tersebut yang nantinya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari virus.

Kecuali itu susu gandum disebut-sebut lebih sehat dibandingkan dengan susu hewani. Mengingat penularan virus corona banyak dikaitkan dari hewan-hewan yang ada di sekitar manusia. Selain itu jika menyetok susu hewani ada kemungkinan akan mudah basi, sehingga manfaatnya tidak bisa didapat lagi setelah dikonsumsi.

Baca Juga : 10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus Corona



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)