10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus Corona

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 02 Mar 2020 18:00 WIB
virus corona Foto: iStock
Jakarta -

Virus corona kini sudah sampai ke Indonesia. Jika kamu ingin mengurangi aktivitas di luar dan lebih memilih di rumah, 10 makanan awet ini wajib jadi persediaan.

Virus corona yang berawal dari China kini sudah memasuki Indonesia. Dua Warga Negara Indonesia (WNI) telah ditetapkan positif virus corona setelah bertemu warga negara Jepang pada sebuah ACARA.

Kini dua orang pengidap positif virus corona itu sedang menjalani proses penyembuhan dan diisolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso. Bahkan Presiden Jokowi juga sudah membenarkan berita tersebut.

Tak ayal, berita virus corona di Indonesia menghebohkan banyak orang. Bukan tidak mungkin banyak orang akan kurangi aktivitas di luar dan memilih berdiam di rumah. Nah, untuk Anda yang memilih tinggal di rumah sepertinya harus menyiapkan persediaan makanan. Berikut 10 makanan awet yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Virus Corona Pengaruhi Pasokan Bahan Minuman Soda Global

1. Beras

10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus CoronaFoto: iStock

Beras jadi yang paling penting untuk Anda yang ingin menyimpan persediaan makanan di rumah karena virus corona. Karena beras merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia untuk konsumsi harian.

Dengan adanya beras di rumah, dipastikan Anda akan tenang karena ada makanan pokok yang dapat dikonsumsi. Beras juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama, sehingga Anda tak perlu memikirkan takut busuk.

2. Kentang

Selain beras, kentang juga dapat disimpan dalam jangka waktu lama jika penyimpanannya tepat. Untuk Anda yang belum mengetahui penyimpanan kentang yang tepat, kentang sebaiknya disimpan pada tempat yang dingin, kering, dan gelap. Jangan menyimpannya di dalam kulkas karena akan membuatnya cepat membusuk.

Jika sudah benar menyimpannya, masa simpan kentang bisa mencapai 3-5 minggu ke depan. Kentang juga bisa digunakan sebagai bahan karbohidrat pengganti nasi karena sifatnya mengenyangkan. Kentang pun mudah dibuat menjadi berbagai macam hidangan sehingga Anda tidak akan bosan saat menyantapnya.

3. Pasta / Mie Instan

10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus CoronaFoto: iStock

Pasta kering atau mie instan juga bisa disiapkan untuk persediaan makanan di rumah selama Anda malas keluar karena virus corona. Ini dikarenakan pasta kering atau mie instan memiliki masa simpan yang sangat lama.

Masa simpan makanan tersebut bisa mencapai 1-2 tahun tergantung tanggal kedaluwarsa di setiap produknya. Pasta atau mie instan ini juga mengenyangkan dan dapat diolah dengan mudah. Jika pasta bisa diolah dengan saus bolognese dan olahan lainnya, lalu mie instan bisa dimasak bersama sejumlah bumbu lalu dicampurkan telur dan bahan makanan lainnya.

4. Makanan Kaleng

Makanan kaleng juga mirip pasta kering dan mie instan karena masa simpannya yang cukup lama. Makanan kaleng ini bisa mencapai 1-2 tahun tergantung tanggal kedaluwarsa. Jadi untuk Anda yang sedang malas beraktivitas di luar rumah, jangan lupa masukkan makanan kaleng ke dalam daftar belanja.

Memang tidak sesegar jika membeli langsung di pasar atau supermarket, namun ini bisa digunakan selama masa-masa darurat. Makanan kaleng yang bisa Anda simpan di rumah seperti sayuran, buah-buahan, ikan tuna, sarden, kornet, dan beragam makanan kaleng lainnya.

5. Daging Dendeng

10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus CoronaFoto: iStock

Daging dendeng juga tergolong makanan yang awet. Masa penyimpanannya cukup lama yaitu 1-2 tahun. Jadi, Anda tetap akan bisa mengonsumsi daging sapi walaupun dalam olahan dendeng.

Daging dendeng bisa dinikmati dengan sejumlah bumbu dan bisa jadi lauk yang lezat saat dinikmati bersama nasi putih hangat. Jika ingin yang lebih murah, pilihan abon daging pun bisa jadi alternatif persediaan makanan.

6. Bawang Bombai

Bawang bombai juga bisa Anda siapkan untuk persediaan makanan saat masa darurat seperti virus corona. Bawang bombai ini waktu penyimpanannya cukup lama yaitu 1-2 bulan jika penyimpanannya tepat.

Sama seperti kentang, bawang bombai ini bisa disimpan di tempat yang dingin, kering, dan juga gelap. Namun jangan meletakkannya berdekatan dengan kentang karena pasti salah satunya akan membusuk secara cepat.

Baca Juga: Keren! Kedai Durian Ini Bagikan Durian Gratis untuk Paramedis Virus Corona

7. Telur

Telur juga salah satu makanan penting yang dapat disimpan sebagai bahan makanan jika dalam keadaan darurat. Namun telur yang mengandung protein tinggi ini memang masa penyimpanannya tidak bisa terlalu lama yaitu hanya dalam hitungan minggu saja.

Telur bisa disimpan di dalam kulkas namun masa simpannya hanya dalam waktu 2-3 minggu dari tanggal pembelian. Telur diperlukan untuk bahan makanan darurat karena bisa diolah dengan beragam olahan dan rasanya pun lezat.

8. Apel

10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus CoronaFoto: iStock

Selain buah kaleng, buah segar ini juga bisa disimpan untuk persediaan makanan dalam jangka panjang. Apel memiliki masa penyimpanan cukup panjang sekitar hampir 6 bulan di dalam kulkas.

Apel bisa dikonsumsi sebagai camilan atau sarapan yang ringan. Anda pun akan tetap bisa mendapatkan asupan serat harian selama masa darurat seperti virus corona yag melanda Indonesia saat ini.

9. Madu

Madu juga bisa Anda siapkan untuk persediaan makanan jika malas keluar rumah karena virus corona. Masa simpannya tak terbatas karena madu adalah bahan alami, apalagi jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Selama masa darurat, madu dapat dijadikan sebagai pemanis alami jika persediaan gula di rumah habis. Selain itu madu ini juga dapat dijadikan campuran minuman yang menyehatkan tubuh dan meningkatkan sistem imun pada tubuh.

10. Teh

10 Makanan Awet untuk Kamu yang Malas Keluar karena Virus CoronaFoto: iStock

Satu lagi bahan makanan yang bisa Anda siapkan untuk persediaan makanan jika Anda malas beraktivitas di luar rumah karena virus corona, yaitu teh. Teh memiliki masa penyimpanan yang cukup lama yaitu 6-12 bulan tergantung tanggal kedaluwarsa produk.

Teh bisa jadi minuman yang menyehatkan karena zat antioksidannya yang sangat tinggi. Minuman ini akan membantu Anda dalam menjaga kekebalan tubuh yang diperlukan saat mewaspadai virus corona.
5 Attachments



Simak Video "Makanan Siap Masak dan Siap Makan Jadi Tren di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com