Jangan Nimbun Makanan! Ini 5 Tips Simpan Stok Makanan Agar Tetap Segar

Riska Fitria - detikFood Kamis, 05 Mar 2020 07:30 WIB
Halaman 3 dari 6
Closeup side view of unrecognizable woman chossing some fresh meat at local supermarket. The meat is cut into chops and packed into one pound packages. She has reached for a package of beef sirloin steaks. Tips menyimpan stok makanan di kulkas Foto: iStock

2. Buah dan Sayur

Tips menyimpan stok makanan ini juga perlu dilakukan saat menyimpan buah dan sayu-sayuran di dalam kulkas. Kulkas pasti dilengkapi dengan laci yang dirancang khusus untuk buah dan sayur. Gunakanlah laci tersebut untuk menyimpan buah dan sayur.

Tidak apa-apa untuk mencampur buah dan sayuran bersama-sama dalam satu wadah. Namun, terkadang buah dan sayur mengeluarkan gas yang berbeda. Sebaiknya simpanlah buah dan sayuran yang serupa. Misalnya jangan mencampur apel dan wortel atau jeruk an ayam secara bersamaan.

Usahakan untuk menyimpan setiap jenis sayuran yang berbeda di dalam laci yang berbeda. Hal tersebut dilakukan agar gas yang keluarkan oleh buah dan sayur tidak terjebak sehingga membuat makanan tersebut menjadi cepat busuk.

Selain itu, jangan mencuci buah dan sayur tersebut sebelum menyimpannya. Hal tersebut bisa membuat keduanya menjadi lembab yang nantinya dapat menjadi busuk. Di samping itu ada beberapa jenis buah dan sayur yang tidak baik disimpan di kulkas.

Yaitu seperti pisang, tomat, kentang, bawang dan labu. Tips untuk menyimpan stok makanan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang lain. Seperti pisang lebih baik disimpan dengan cara digantung, sementara kentang, bawang dan labu paling baik disimpan di tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari.

Baca Juga : Begini Cara Simpan Makanan di Kulkas tanpa Kantong Plastik

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com