Begini Cara Simpan Makanan di Kulkas Tanpa Kantong Plastik

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 31 Agu 2019 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Demi mengurangi limbah plastik, Anda bisa mulai menyimpan makanan tanpa kantong plastik. Khusus untuk di kulkas, begini triknya.

Menjaga kelestarian lingkungan bisa dengan cara sederhana seperti mengurangi pemakaian kantong plastik. Meskipun perubahan ini tidak cukup untuk menyeimbangkan bumi, namun setidaknya Anda sudah berkontribusi.

Akhir-akhir ini, banyak orang semakin giat tidak menggunakan plastik untuk menyelamatkan lingkungan. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir ini, banyak orang menemukan alternatif sederhana untuk menggantikan plastik dari kehidupan sehari-hari.

Begini Cara Simpan Makanan di Kulkas Tanpa Kantong PlastikFoto: iStock

Salah satu penggunaan plastik yang paling tidak diperhatikan adalah ketika Anda membeli produk segar dari supermarket, sebab banyaknya plastik untuk mengemas hasil belanjaan Anda. Selain berupaya mengurangi sampah plastik, kantong plastik yang disimpan di kulkas ternyata juga tidak baik untuk kesehatan.

Sebab plastik tidak menghasilkan unsur-unsur bumi secara alami. Plastik dibuat secara sintetis dengan kombinasi bahan kimia. Saat makanan disimpan di dalam plastik, bahan kimia yang ada pada plastik bisa menempel pada makanan.

Jadi untuk menghindari kantong plastik, inilah cara menyimpan beberapa bahan makanan kulkas seperti dilansir dari Times of India (29/8).

Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Garis Putih Bergelombang di Freezer

Begini Cara Simpan Makanan di Kulkas Tanpa Kantong PlastikFoto: iStock

1. Gunakan kotak kaca transparan

Kotak kaca, stoples dan botol ternyata menjadi tren di beberapa kalangan, bukan karena terlihat bagus, namun juga karena kotak kaca bagus untuk menyimpan makanan segar. Kotak kaca sederhana ini bisa disimpan dalam waktu lama di dalam kulkas. Cara membersihkannya juga mudah.

2. Gunakan tas kain

Menggunakan tas kain bisa menjadi solusi terbaik untuk mendinginkan makanan. Sebab tas kain sangat mudah digunakan, bisa dicuci, kemudian digunakan kembali dan begitu seterusnya. Dengan demikian, sangat bagus untuk lingkungan. Tas kain juga sangat mudah didapat secara online. Di tas ini Anda dapat menyimpan sayuran seperti tomat, mentimun dan lain-lain di dalamnya.

Begini Cara Simpan Makanan di Kulkas Tanpa Kantong PlastikFoto: iStock

3. Membungkus sayuran dengan koran

Cara sederhana untuk menggunakan kembali koran harian Anda ialah dengan memanfaatkannya menjadi tempat penyimpanan sayuran Anda. Anda hanya perlu mencuci sayuran dan mengeringkannya dengan kain bersih, kemudian bungkus sayuran bersih dengan koran. Dengan cara ini, bukan hanya akan mengembalikan kesegaran, namun juga akan meningkatkan umur simpan sayuran lebih lama.

4. Tambahkan tempat yang bisa dibongkar pasang

Dengan menambahkan tempat kecil di dalam kulkas Anda, bukan hanya akan membantu meminimalkan penggunaan plastik, namun juga bisa membuat penyimpanan bahan-bahan di kulkas Anda lebih teratur. Anda bisa mencari tempat ini di supermarket sebab alat ini dapat digunakan secara efektif untuk menyimpan makanan.

Baca Juga: Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

Simak Video "Coffeelense Coffee Brewery, 'Warung Bi Eem' ala Dilan dan Milea"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)