5 Fakta Sehat Kimchi, Sayuran Fermentasi dari Korea yang Mendunia

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 03 Feb 2020 05:30 WIB
Halaman 1 dari 6
kimchi Foto: iStock
Jakarta -

Makanan khas Korea Selatan ini memiliki rasa yang asam. Selain itu kimchi juga memiliki beragam manfaat sehat untuk tubuh.

Kimchi merupakan makanan tradisional khas Korea Selatan yang melalui proses fermentasi dengan bumbu gochujang, garam, dan cabai bubuk khas Korea. Kimchi memiliki cita rasa asam dan agak pedas, biasanya orang Korea menyantap kimchi dengan sejumlah hidangan.

Kimchi merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan setiap 22 November, Google merayakan Hari Kimchi lewat Google Doodles yang hadir di halaman utamanya. Awalnya kimchi hanyalah hidangan berwarna putih seperti acar pada umumnya yang polos.

Namun, setelah memasuki abad ke-18, cabai bubuk diperkenalkan di Korea dan setelah itu dijadikan sebagai bumbu campuran untuk kimchi. Saat ini kimchi juga terbuat dari beragam jenis sayuran, diantaranya lobak, bawang, cabai, timun, daun bawang, dan lainnya.

Dilansir dari Health Line (29/1), kimchi memiliki beragam manfaat kesehatan, diantaranya mengandung sejumlah nutrisi baik, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menurunkan berat badan.

Baca Juga: Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta Menariknya

(yms/adr)