Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta Menariknya

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 10 Jan 2020 19:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kimchi, makanan tradisional Korea Selatan ini hebohkan netizen Korea. Pasalnya kimchi dijadikan umpatan pada serial Netflix 'Sex Education 2'.

Kimchi merupakan makanan tradisional khas Korea Selatan yang melalui proses fermentasi dengan bumbu gochujang, garam, dan cabai bubuk khas Korea. Kimchi memiliki cita rasa asam dan agak pedas, biasanya orang Korea menyantap kimchi dengan sejumlah hidangan.

Belum lama ini kimchi sempat membuat heboh netizen Korea Selatan karena muncul dalam trailer serial Netflix 'Sex Education 2'. Dalam trailer itu, kimchi diucapkan sebagai kalimat umpatan yang tidak baik.

Hal tersebut membuat netizen Korea Selatan geram, karena menurut mereka kimchi jadi makanan tradisional yang citranya rusak setelah menjadi kalimat umpatan di trailer serial Netflix 'Sex Education 2' tersebut.

Saat tayang di Netflix Korea, kalimat kimchi tersebut memang dipotong, namun trailer aslinya tidak dipotong dan trailer asli itu pun tayang di YouTube milik Netflix. Kalimat umpatan 'kimchi' itu dilontarkan oleh Otis yang merupakan karakter utama serial 'Sex Education 2'.

Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta MenariknyaFoto: iStock

Hal tersebut pun akhirnya mengundang netizen Korea untuk berkomentar di media sosial Twitter dan mengatakan kalau hal tersebut tak sepatutnya dijadikan kalimat umpatan. Seorang netizen Korea dengan nama akun @Gaofkanapc mengatakan, "Apa kalian pikir orang Korea tidak mengetahui hal tersebut walaupun sudah dihapus dari versi Korea? Kalian ini memangnya tinggal di tahun berapa?"

Baca Juga: Keren! Ribuan Orang Buat 35 Ton Kimchi di Korsel untuk Orang Miskin

Kemarahan netizen Korea ini sangat mendasar, apalagi kimchi tersebut adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki nilai sejarah untuk bangsa Korea Selatan. Untuk kalian yang belum mengetahui fakta tentang kimchi, berikut ini beberapa fakta menarik kimchi.

1. Kimchi sudah ada sejak 3.000 tahun lalu

Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta MenariknyaFoto: iStock

Kimchi merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan setiap 22 November, Google merayakan Hari Kimchi lewat Google Doodles yang hadir di halaman utamanya. Awalnya kimchi hanyalah hidangan berwarna putih seperti acar pada umumnya yang polos. Namun, setelah memasuki abad ke-18, cabai bubuk diperkenalkan di Korea dan setelah itu dijadikan sebagai bumbu campuran untuk kimchi.

2. Kimchi memiliki beragam jenis bahkan lebih dari 187 jenis lho!

Kimchi yang sangat populer adalah jenis kimchi yang terbuat dari sawi putih, namun perlu diketahui kalau kimchi memiliki ragam jenis yang berbeda. Bahkan ada lebih dari 187 jenis kimchi yang dibuat di Korea. Bahan makanan lain yang dijadikan kimchi adalah lobak, bawang, cabai, timun, daun bawang, dan sayuran lainnya. Untuk musim dingin biasanya orang Korea sering jadi hidangan yang banyak dimakan.

3. Manfaat dari Kimchi

Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta MenariknyaFoto: istimewa

Kimchi merupakan salah satu bahan makanan yang melalui proses fermentasi, maka itu kimchi mengandung probiotik yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan lactobacilli yang terkandung di dalam kimchi pun dapat menyehatkan dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada bubuk cabai bumbu kimchi ini juga bermanfaat untuk zat yang dapat mencegah kanker.

4. Kimchi digunakan sebagai bahan makanan cadangan musim dingin

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang mengalami 4 musim pada setiap tahunnya. Kimchi dapat dijadikan bahan makanan cadangan karena kimchi bersifat tahan lama walaupun tanpa lemari pendingin. Kimchi bisa disimpan di dalam tembikar tanah liat. Rasanya lebih nikmat saat penyimpanannya lebih lama.

Baca Juga: Di Korea Ada Festival Kimchi yang Digelar Setiap Tahun

5. Beragam olahan kimchi yang enak

Heboh karena Serial Netflix, Ini Kimchi dan 5 Fakta MenariknyaFoto: iStock

Kimchi tak hanya dijadikan sebagai makanan pendamping makanan khas Korea Selatan lainnya. Karena biasanya kimchi dijadikan sebagai bahan makanan saat menyantap nasi beserta lauk pauk yang beragam. Namun tak hanya itu, kimchi dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk hidangan nasi goreng. Lalu kimchi juga bisa dijadikan bahan campuran dalam ramyun ataupun dijadikan sup kimchi yang pedas nikmat.

Simak Video "Ngemil Kimchi Dog Sambil Ngedisko di Ding Dong Disko"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)