'Treat Diet' Janjikan Berat Badan Turun Tanpa Tersiksa, Bagaimana Caranya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 07:30 WIB
treat diet Foto: iStock
Jakarta -

Tips turunkan berat badan selalu dicari. Yang terbaru ada treat diet, pola diet yang bisa turunkan berat badan tanpa membuat pelakunya tersiksa. Seperti apa ya?

Diet bisa jadi alternatif untuk menurunkan berat badan dengan hasil tubuh ideal. Ada banyak jenis diet, termasuk yang paling populer saat ini yaitu Keto Diet. Ada juga yang melakukan diet vegan dengan hanya mengonsumsi produk nabati.

Dilansir dari The Sun (26/1), kini muncul jenis diet baru yang terbilang ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa membuat pelakunya tersiksa. Karena dengan diet ini, seseorang tetap bisa menyantap makanan favorit yang biasanya sangat dihindari saat sedang diet.

Seorang ahli gizi bernama Terri Ann Nunns mengatakan, "Ini mungkin terlihat kontraproduktif, namun menyenangkan diri kamu dalam diet ini dapat membantu dalam menurunkan berat badan."

Terri Ann Nunns juga menjelaskan kalau diet dengan membatasi makanan yang dikonsumsi dapat membuat kamu pada akhirnya ngidam makanan tersebut . Dan saat tiba waktunya untuk melakukan 'cheating day', besar kemungkinan kamu makan dalam porsi besar dan menginginkan banyak makanan lagi.

Baca Juga: Diet CICO Populer dan Gampang, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?

Namun saat kamu tetap mengonsumsi makanan yang disukai setiap hari dalam porsi kecil akan bantu pengendalian diri saat mengidam makanan. Dengan 'treat diet' ini pun kamu akan tetap bisa melanjutkan diet tersebut dalam jangka waktu panjang karena tidak merasa tersiksa.

Untuk kamu yang ingin menerapkan diet ini, beberapa hal ini terkait treat diet perlu diketahui agar tak salah langkah dan berat badan turun dengan sukses.

1. Pilih makanan yang disukai kurang dari 150 kalori

'Treat Diet' Janjikan Berat Badan Turun Tanpa Tersiksa, Bagaimana Caranya?Foto: iStock

Walau pola diet ini tetap memperbolehkan konsumsi makanan yang kamu suka, namun pemilihan makanan tetap harus diperhatikan. Pilih makanan yang kurang dari 150 kalori saja.

Selain rendah kalori, makanan ini pun enak dan pastinya enak. Seperti Cadbury Chocolate Mousse (105 kalori), 20 gram dark chocolate (100 kalori), 5 jeli (100 kalori), 20 gram popcorn (100 kalori), 10 stroberi (50 kaori), 100 gram nanas (50 kalori), dan lainnya.

Baca Juga: Mau Jalani Diet Mediterania? Kenali Dulu 7 Konsep Dasarnya

2. Buat perencanaan menu

'Treat Diet' Janjikan Berat Badan Turun Tanpa Tersiksa, Bagaimana Caranya?Foto: iStock

Mengonsumsi makanan sesuai dengan jumlah yang dianjurkan terkadang sulit dilaksanakan. Jadi lebih baik atur rencana makananmu sendiri karena lebih mudah dan jauh lebih efektif. Ini juga akan membuat kamu lebih dapat mengontrol makanan dengan kalori yang tinggi maupun rendah.

Buat perencanaan menu makanan setiap minggu. Saat belanja makanan, pastikan membeli semua kebutuhan makanan sesuai rencana. Cara ini menghindarkan kamu dari belanja makanan lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

3. Kurangi 'cheating day'

'Cheating day' pada diet seringkali malah membuat kamu jadi lebih banyak mengonsumsi makanan dengan tidak terkontrol. Karena saat 'cheating day' makanan yang sudah kamu batasi selama ini membuatmu ingin memakannya pada hari tersebut.

Contohnya kamu menginginkan makan es krim, cokelat, fast food, hidangan dessert, dan lainnya dalam waktu bersamaan, itu akan membuat kamu malah mendapatkan kalori yang sangat tinggi. Jadi lebih baik kamu mengurangi 'cheating day' dan beralih pada 'treat diet' yang membuatmu tetap bisa mengonsumsi makanan enak walau dalam jumlah tertentu saja. Cara ini lebih baik daripada melakukan 'cheating day'.



Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)