Tren Makanan 2020

Buah Eksotis yang Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 11 Jan 2020 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Tren Makanan 2020
Jakarta - Tren buah di tahun 2020 juga ikut diprediksi. Kabarnya buah eksotis dan buah dengan rasa tak terlalu manis akan jadi primadona

Dalam wawancara dengan detikFood (4/1), chef Ragil Imam Wibowo memprediksi tren buah di tahun 2020. Ia mengatakan buah lokal akan jadi tren. Berupa buah yang kandungan gulanya sedikit sehingga lebih menyehatkan tubuh.

Di negara Barat, beberapa buah lokal ini juga dianggap sebagai makanan eksotis. Terlebih mereka tidak familiar dengan tampilan hingga rasanya. Berikut tren buah di tahun 2020 yang dirangkum detikFood dari berbagai sumber.

1. Alpukat

Buah Eksotis dan Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun IniFoto: iStock

Chef Ragil mengatakan alpukat sebagai buah utama yang akan tren di tahun 2020. Sejak lama alpukat memang jadi primadona buah sehat. Di balik teksturnya yang lembut dengan rasa gurih manis, alpukat menyimpan banyak manfaat.

Hal ini karena kandungan lemak baik yang terdapat pada alpukat. Para peneliti dari Penn State University bahkan menyarankan konsumsi satu buah alpukat per hari. Manfaatnya bisa menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Makan Satu Buah Alpukat Sehari, Ini 5 Manfaat Sehat yang Didapat

2. Naga

Buah Eksotis dan Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun IniFoto: iStock

Selanjutnya chef pemilik restoran Nusa Indonesian Gastronomy ini juga menobatkan buah naga sebagai tren buah di tahun 2020. Buah ini mudah dikenali dari kulitnya berduri seperti kaktus, namun tidak tajam.

Buah dengan nama Inggris pitaya ini populer di Indonesia dengan dua jenis. Ada naga putih dan naga merah yang jadi primadona karena rasanya manis. Buah naga juga mengandung biji yang hitam, renyah, dan bisa dimakan. Soal manfaat sehat, buah naga rendah kalori, bisa membantu kurangi jerawat, dan melawan penuaan dini.

Baca Juga: Rutinlah Makan Buah Naga Untuk Kulit Kencang dan Mulus

3. Nangka

Buah Eksotis dan Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun IniFoto: iStock

Nangka tergolong buah eksotis yang populer di Indonesia, namun tidak di luar negeri. Banyak orang di sana tidak tahu cara membuka nangka, bahkan tidak pernah tahu seperti apa itu nangka. Padahal nangka, khususnya nangka muda, mulai banyak dimanfaatkan sebagai alternatif daging nabati di sana.

Huffington Post (10/1) mengabarkan nangka muda kerap jadi bahan pembuatan daging nabati seiring meningkatnya permintaan konsumen akan alternatif daging yang lebih sehat. Nangka bisa dijadikan patty burger, isian taco, hingga ditumis layaknya daging biasa.

Baca Juga: Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan Vegetarian

4. Belimbing

Buah Eksotis dan Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun IniFoto: Istimewa

Buah lokal yang juga diprediksi kian populer tahun ini adalah belimbing. Business Insider (10/1) mengatakan bentuk belimbing yang mirip bintang dianggap Instagramable sehingga lebih mudah populer.

Disamping bentuknya yang cantik, belimbing punya banyak manfaat sehat. Buah berair ini tergolong rendah kalori, sumber serat yang bagus, dan tinggi vitamin C. Dalam percobaan pada tikus, konsumsi belimbing terbukti bisa kurangi risiko kolesterol dan hati berlemak.

Baca Juga: Belimbing Bantu Turunkan Berat Badan

5. Grapefruit

Buah Eksotis dan Rasanya Tak Terlalu Manis Jadi Primadona Tahun IniFoto: Thinkstock

Terakhir ada grapefruit yang diprediksi Times of India (10/1) sebagai tren buah di tahun 2020. Bentuknya memang mirip jeruk Bali tapi grapefruit berbeda. Masih berada dalam golongan jeruk dengan daging buah berwarna merah keunguan dengan rasa asam dan sedikit pahit.

Grapefruit terkenal dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Sebab 90% kandungan grapefruit adalah air. Kalorinya juga rendah. Sebuah penelitian di tahun 2014 mengungkap kalau senyawa yang ada di dalam buah ini dapat menurunkan gula darah dan pada akhirnya dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Bantu Awali Resolusi Turunkan Berat Badan



Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Tren Makanan 2020