5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Konsumsi Minuman Bersoda

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Des 2019 18:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Kandungan Gula Tinggi

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Setiap kaleng minuman bersoda ukuran 355 ml memiliki total 140 kalori yang semuanya berasal dari gula. Menurut American Association, jumlah maksimum gula tambahan yang harus kamu makan dalam sehari adalah tidak lebih dari 100 kalori atau 6 sendok teh untuk wanita. Sementara untuk pria tidak lebih dari 150 kalori atau 9 sendok teh.

Karena itulah banyak minum minuman bersoda bisa menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi naik dengan cepat. Jika energi dalam tubuh tidak digunakan, maka gula darah tersebut nantinya akan diubah menjadi lemak. Berbeda dengan buah-buahan yang memiliki gula alami. Sementara gula dalam minuman bersoda merupakan gula halus tanpa kandungan serat untuk memperlambat penyerapan.

Banyak minum minuman bersoda setiap hari dapat menciptakan banyak masalah dalam kesehatan. Seperti diabetes, peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, volume otak yang mengecil, kerusakan memori, kerusakan pembuluh darah hingga penyakit kanker.

(raf/odi)