Rambut Sering Rontok? Coba Rutin Olesi Jus Bawang Merah

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 09 Des 2019 16:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Punya masalah rambut rontok? Jus bawang merah bisa jadi solusi dalam mengurangi kerontokan rambut. Begini cara pakainya.

Salah satu permasalahan umum wanita adalah rambut rontok sehingga dapat mengganggu penampilan. Apalagi rambut menjadi mahkota perempuan yang diidamkan sehat, tebal, dan berkilau.

Untuk mengurangi rambut rontok, banyak wanita memakai shampoo dan conditioner khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Terkadang juga ditambahkan serum rambut yang dapat membantu menguatkan akar rambut. Namun, semua itu adalah produk bahan kimia.

Ternyata ada satu bahan alami yang dapat membantu untuk mengurangi masalah rambut rontok Anda. Bahannya pun mudah untuk Anda temui dan pasti ada di dapur Anda yaitu bawang merah.
Rambut Sering Rontok? Coba Rutin Olesi Jus Bawang MerahFoto: iStock

Bawang merah adalah salah satu bumbu utama untuk memasak. Bawang merah sangat banyak dipakai pada masakan khas Indonesia dan banyak ditemui di daerah Brebes, Jawa Tengah. Bawang merah dapat dimakan mentah, dijadikan bumbu masakan, atau digoreng kering.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Rambut Sehat Tebal dan Kuat

Dilansir oleh Times of India (06/12), bawang merah yang biasanya dipakai untuk masakan ini ternyata punya manfaat lain bagi kecantikan, terutama rambut. Bawang merah bisa bermanfaat bagi kesehatan rambut, apalagi Anda yang memiliki masalah pada rambut rontok.

Untuk mengurangi kerontokan pada rambut, bawang merah dibuat menjadi jus. Jus bawang merah ini lalu diaplikasikan pada rambut. Saat Anda mengaplikasikannya, harus tunggu beberapa menit lalu bilas setelahnya.
Rambut Sering Rontok? Coba Rutin Olesi Jus Bawang MerahFoto: iStock

Selain membantu mengurangi kerontokan rambut, bawang merah ini juga secara efektif dapat mengobati beberapa permasalahan rambut. Diantaranya ketombe, infeksi kulit kepala, dan juga dapat menghilangkan uban.

Baca Juga: Agar Rambut Tak Lepek Berminyak, Jangan Terlalu Sering Konsumsi 5 Makanan Ini

Kaya akan kandungan belerang maka itu bawang merah bekerja dengan sangat baik untuk permasalahan pada rambut yang Anda alami. Belerang pada bawang merah ini dapat membantu dan meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Belerang pada bawang merah juga menghasilkan asam amino yang merupakan komponen aktif dalam proetin. Protein ini sumber keratis yang baik, dan juga bahan aktif yang digunakan untuk beberapa perawatan rambut.

Simak Video "Rahasia Membuat Mie Instan Bandeng dari Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)