5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengganti Minum Kopi dengan Teh Hijau

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 03 Des 2019 05:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock

1. Konsumsi kafein lebih sedikit

Memang kandungan kafein pada daun teh hijau dibandingkan biji kopi jauh lebih banyak. Namun menurut Dr. Edo Paz selaku ahli jantung di K Health, jumlah kafein dalam kopi akan lebih banyak dibandingkan teh setelah proses penyeduhan berlangsung. Tapi itu tak berlaku untuk matcha yaitu teh hijau bubuk.

Karena matcha memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi dari teh hijau biasanya. Karena matcha terbuat dari daun teh hijau yang ditumbuk, jadi kandungan kafein pada 'matcha' labih tinggi kafein daripada jenis teh lainnya.

Jadi untuk kamu yang ingin kurangi asupan kafein pada tubuh, kamu bisa mengganti kafein yang terdapat pada kopi tersebut menjadi teh hijau yang tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Teh hijaunya pun bukan matcha, namun teh hijau asli yang jika diseduh berwarna hijau bening.

Dr. Paz juga mengatakan kalau konsumsi kopi itu mungkin bisa buat kamu terserang sakit kepala. Memang benar kalau ternyata teh hijau masih mengandung kafein, namun kadarnya hanya sekitar 20-39mg per cangkirnya.

(yms/odi)