Mana Lebih Sehat, Teh Hijau atau Teh Putih?

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 21 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Ada berbagai macam jenis teh yang baik dikonsumsi di pagi hari. Di antara teh putih dan teh hijau yang populer, mana yang lebih sehat?

Teh adalah minuman yang terbuat dari daun teh, batang, atau pucuk daun teh yang dikeringkan lalu diseduh dengan air panas. Ada pula teh yang terbuat dari bunga yang dikeringkan.

Teh juga memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Bagi pencinta teh juga setuju kalau teh dapat meningkatkan mood. Apalagi saat pagi hari dimana secangkir teh dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Ada beragam jenis teh yang dinikmati di seluruh dunia. Ada teh hijau, teh putih, teh hitam, teh oolong, teh chamomile, dan lainnya. Dilansir dari Times of India (18/10), terdapat perbedaan antara teh hijau dan teh putih. Apa perbedaannya? Mana yang lebih sehat untuk tubuh?

Baca Juga: Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat Ini

Mana Lebih Sehat, Teh Hijau atau Teh Putih?Foto: GettyImages


Kedua varian teh ini berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Perbedaannya terletak saat proses panen. Teh putih dipanen pada awal musim semi dan daun yang dipetik adalah daun muda. Proses pemetikannya juga dilakukan dengan hati-hati. Dan inilah yang membuat teh putih memiliki harga yang mahal.

Dan perbedaan lain terletak pada cara pemrosesannya. Teh hijau memiliki waktu yang lebih banyak. Teh ini juga memiliki rasa yang pahit dan membutuhkan lebih banyak penyulingan. Lalu teh hijau juga difermentasi sebagian. Karena sedikit fermentasi dari kedua varian teh ini, sifat nutrisi tetap utuh dan inilah yang membuat kedua varian ini memiliki fungsi kesehatan yang baik.

Mana Lebih Sehat, Teh Hijau atau Teh Putih?Foto: iStock


Perbedaan pada kandungan teh ini adalah jika teh putih memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari teh hijau yaitu 15g kafein, sedangkan teh hijau 20g kafein. Dan juga kandungan antioksidan pada teh putih lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau.

Baca Juga: Teh Hijau, Matcha hingga Houjicha Jadi Lebih Menarik dengan Racikan Kekinian

Namun tak perlu khawatir karena kedua varian ini baik untuk kesehatan jantung. Seperti mengurangi risiko obesitas, kanker, dan penyakit lain yang berhubungan dengan gaya hidup yang tidak teratur. Teh putih dan teh hijau sama-sama baik dikonsumsi setiap hari.

Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)