Mau Detoks Gula Agar Tubuh Lebih Sehat? Perhatikan Hal Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat menerapkan pola makan sehat, hal yang harus diperhatikan yaitu asupan gula. Karenanya beberapa orang lakukan detoks gula untuk singkirkan gula dari tubuh.


Detoks gula merupakan langkah untuk mengurangi penggunaan gula dalam pola makan Anda. Karena jika asupan gula dalam tubuh terlalu banyak sangat tidak baik untuk kesehatan. Asupan gula yang dianjurkan dalam sehari hanyak sebanyak 55 gram. Namun, kebanyakan orang dalam sehari pasti mengonsumsi gula melewati batas yang telah dianjurkan.


Dilansir dari Asia One (11/11), Jaclyn Reutens seorang Ahli Gizi Klinis dan Olahraga yang juga pendiri dari Aptima Nutrition & Sports Consultants menjelaskan cara agar Anda sukses mengurangi gula. Menurut Jaclyn walaupun Anda dapat menghilangkan makanan yang mengandung gula, namun Anda akan sangat sulit untuk benar-benar menyingkirkan gula dari makanan Anda.

Mau Detoks Gula Agar Tubuh Lebih Sehat? Perhatikan Hal IniFoto: iStock

Tak perlu khawatir sebab tubuh memang membutuhkan sejumlah gula untuk kesehatan, namun tetap dalam jumlah yang rendah. Anda bisa tetap konsumsi gula alami yang berasal dari buah-buahan, sayuran bertepung seperti kentang, ubi jalar, singkong, susu dan biji-bijian. Namun Anda harus berusaha untuk menghindari gula tambahan sebanyak mungkin.


Baca Juga: 7 Alasan Penting Kenapa Anda harus Kurangi Asupan Gula


Gula tambahan itu terdapat pada minuman manis, dessert, dan hidangan lainnya yang mengandung gula sangat tinggi. Bahkan saus juga bisa mengandung jumlah gula yang sangat besar. Contoh lain dari gula tambahan seperti gula putih, gula merah, gula buatan (surkosa), madu, sirup gula, sirup jagung, gula tebu, dan lainnya.


Anda harus benar-benar memperhatikan pola makan sehat Anda agar tidak mengandung gula yang berlebih. Anda harus mengurangi bahkan menjauhi bahan makanan yang mengandung gula tambahan. Tidak perlu terburu-buru dalam melakukan detoks gula, Anda bisa melakukannya secara bertahap.


Ganti makanan manis itu dengan buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung serat, kalium dan vitamin dan mineral lainnya. Mereka tidak hanya akan membantu menjaga kadar gula Anda, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih berenergi dan fokus. Anda juga bisa makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian untuk protein dan serat tanpa lemak yang sehat.


Selain itu Anda bisa memulainya dengan menukar minuman manis dengan air putih yang harus dirutin diminum sesuai anjuran dalam sehari. Atau jika Anda ingin mengonsumsi kopi maupun teh, Anda bisa tidak menggunakan gula atau kurangi pemakaiannya. Jaclyn juga menyarankan untuk mengganti camilan Anda yang mengandung gula berlebih dengan buah-buahan seperti apel.

Mau Detoks Gula Agar Tubuh Lebih Sehat? Perhatikan Hal IniFoto: iStock

Jika Anda sudah mulai terbiasa dengan detoks gula, Anda diperbolehkan untuk menggunakan gula tambahan ke dalam pola makan sehat. Namun dibatasi hanya dalam sekali atau dua kali seminggu. Detoks gula ini memiliki manfaat yang cukup besar karena bisa mengurangi lemak dalam tubuh, kulit Anda pun akan lebih cerah, dan dapat meningkatkan energi pada tubuh Anda.


Baca Juga: Sedang Kurangi Gula? Ini 5 Pemanis Alami dan Sehat untuk Minuman


Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)