Daging Merah dan Kopi Sering Disebut Tak Sehat, Ini 5 Faktanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 11 Nov 2019 18:10 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Daging Merah

Selama ini, muncul banyak pernyataan bahwa daging merah bukan termasuk makanan sehat. Memakan daging merah dapat menyebabkan penyakit seperti kardiovaskular, stroke, dan jenis kanker tertentu. Bahkan pernyataan tersebut muncul dari kalangan para ahli gizi. Selain itu, Harvard Health yang telah memperingatkan bahwa setiap porsi daging ekstra setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian sebanyak 13% - 20%.

Namun, baru-baru ini sebuah tim peneliti Internasional yang beranggotakan 14 orang mengeluarkan pernyataan baru. Dalam studinya tersebut mereka mengatakan bahwa daging merah bukan makanan sehat tidak didukung oleh bukti ilmiah yang baik. Mereka juga mengeluarkan beberapa bukti bahwa konsumsi daging merah mungkin berbahaya, tetapi tidak sampai berakibat pada penyakit-penyakit yang telah disebutkan.

Dari segala pernyataan tersebut, American Institute for Cancer Research menyarankan untuk tidak mengonsumsi daging merah lebih dari 18 ons dalam seminggu. Menurut mereka, cara yang terbaik adalah dengan melakukan kontrol porsi. Karena penting bagi kamu untuk mengonsumsi apa yang dibutuhkan tubuh.

(raf/adr)