Serangan Jantung Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Teh Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 07 Nov 2019 08:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Serangan jantung masih menjadi pembunuh nomor satu. Kejadian ini bisa dicegah dengan pola makan sehat dan minum teh tertentu.

Belum lama ini serangan jantung telah membuat Suhu Naga meninggal dunia secara mendadak. Serangan jantung merupakan kondisi dimana pasokan darah ke jantung terhenti tiba-tiba karena gumpalan darah.

Serangan jantung terjadi saat pembuluh arteri jantung menjadi sempit karena adanya plak. Jika pasokan darah ke jantung terhambat maka terjadilah serangan jantung. Menurut studi minum teh hitam bisa mencegah serangan jantung.

Menurut data yang dipublikasikan pada tahun 2012 pada 'Food & Function', konsumsi teh hitam atau black tea bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke 10% hingga 20%.


Serangan Jantung Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Teh IniFoto: iStock/detikFood


Dikutip dari express.co.uk (4/11) pada tahun 2000 sebuah studi terbesar mengungkap pengaruh minum teh hitam pada kesehatan jantung dipublikasikan di 'Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology'. Studi ini melibatkan 37.000 orang di Belanda yang selama 13 tahun minum banyak teh. Mereka tak menderita sakit jantung, dibandingkan mereka yang tak minum teh.

Peserta studi yang minum 3 hingga 6 cangkir teh hitam setiap hari, 45% lebih kecil berisiko mati karena penyakit jantung. Dibandingkan yang hanya minum kurang dari secangkir teh dan yang minum lebih dari 6 cangkir per hari berkaitan dengan risiko 36% lebih kecil tekena penyakit jantung.

Teh hitam dikenal akan banyak khasiat sehatnya. Seperti dibuktikan pada studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Preventive Medicine. Mereka menemukan bahwa minum 3 cangkir teh hitam per hari selama 12 minggu bisa mengurangi antioksidan dalam gula darah secara signifikan. Hal ini bisa kurangi stres oksidatif dan melindungi tubuh dari peradangan.

Menurut pendapat para dokter, perubahan gaya hidup, diet menurunkan berat badan dan olahraga bisa membantu kurangi risiko penyakit jantung atau stroke. Namun sebagian besar masyarakat tak melakukan hal-hal positif itu.

Serangan Jantung Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Teh IniFoto: iStock


'Mencegah penyakit vaskular dapat menyelamatkan ribuan nyawa dari serangan jantung. Pencegahan dengan minum teh hitam, selain mudah dilakukan, juga enak serta menarik,' ungkap Dr Tim Bond, salah seorang dokter di Inggris.

Teh hitam bisa diseduh dari teh kantong atau teh daun. Bisa dinikmati hangat atau dingin. Sebaiknya minum tanpa tambahan gula. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan air jeruk lemon segar, yang sekaligus memberi asupan vitamin C. Teh hitam bisa dinikmati kapanpun sepanjang hari.

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh terpopuler di dunia yang berasal dari tanaman teh camelia sinensis. Teh ini teroksidasi lebih lama sehingga warnanya menjadi merah gelap hingga cokelat pekat. Rasanya agak pahit dan sepat saat diseduh. Banyak dinikmati orang inggris, India dan Indonesia.



Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)