Wajib Dikonsumsi Pria, 5 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 04 Nov 2019 19:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Pola makan terbaik untuk tingkatkan kualitas sperma
Penelitian terbaru yang dilakukan Ana Cutillas-TolĂ­n menemukan pria yang jalani pola makan/diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) memiliki sperma yang lebih banyak dan berkualitas dibanding pria yang tidak diet DASH. Peneliti juga mengatakan ketika pria memiliki lebih banyak sperma, mereka memiliki jantung yang sehat.

Sebelumnya diet DASH sudah dikenal dengan beragam manfaat sehat. Salah satunya menurunkan hipertensi dan tekanan darah karena diet ini mengurangi asupan garam. Selain itu, diet Mediterania juga disebut-sebut baik untuk kesehatan secara menyeluruh.

Diet DASH menganjurkan perbanyak konsumsi buah, sayur, protein rendah lemak, dan produk susu rendah lemak sebagai makanan utama. Mengonsumsi makanan manis, minuman dengan gula, dan makanan tinggi lemak jenuh harus dibatasi. Diet ini menjaga asupan sodium seseorang tidak boleh lebih dari 2.300 miligram per harinya. Awalnya diet DASH diperkenalkan National Heart, Lung, and Blood Institute untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com