5 Makanan Pencegah Kanker Payudara, Penyakit yang Diidap Femmy Permatasari

Riska Fitria - detikFood Senin, 04 Nov 2019 19:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Dalam sebuah penelitian terhadap 91.779 wanita, menemukan bahwa rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 15%. Baik buah maupun sayur merupakan makanan yang kaya akan flavonoid dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut terbukti memiliki berbagai manfaat medis, seperti mencegah kanker payudara para wanita.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa makanan yang dikemas kedua senyawa tersebut untuk membantu mencega kanker payudara ada seperti sayuran hijau gelap, misalnya kangkung, wortel dan brokoli. Untuk buah-buahan peneliti menyarankan untuk memasukkan buah beri dan buah persik. Selain itu, para peneliti telah mengaitkan beta karoten atau pigmen warna pada sayuran wortel dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Sehingga pada penelitiannya tersebut, para peneliti berspekulasi bahwa rutin makan wortel dan jenis sayuran lainnya bisa mengganggu proses pertumbuhan sel kanker. The United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi lima sampai sembilan porsi buah dan sayuran segar dalam sehari.

(raf/odi)