Awali Pagi dengan Secangkir Teh Ginseng Agar Tak Mudah Sakit

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 04 Nov 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Di awal musim hujan tubuh mudah sakit karena daya tahan tubuh menurun. Minum secangkir teh ginseng bisa tambah energi dan stamina,

Teh hijau dan teh hitam populer sebagai minuman menyehatkan di pagi hari. Teh hijau bahkan dikenal akan sumbar antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menambah daya tahan tubuh.

Tetapi akhir-akhir ini orang mulai menggemari teh ginseng. Nama ginseng mengingatkan akan China dan Korea, negara asal ginseng. Mereka sudah mengonsumsi ginseng sejak ribuan tahun silam. Sebagai minuman hangat sekaligus menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit.

Meskipun menyandang nama teh, teh ginseng bukan berasal dari tanaman camellia sinensis tetapi dari umbi tanaman ginseng. Umbi penuh khasiat itu dikeringkan dan dibuat ekstrak. Karenanya digolongkan sebagai teh herbal atau teh dari saripati tanaman herbal. Kini teh ginseng dari Korea mudah didapat dalam bentuk kantong yang mudah diseduh kapan saja.

Sejak lebih dari 2.000 tahun ginseng dipercaya sebagai penambah energi dan membantu syaraf menjadi rileks. Juga dikenal sebagai pengontrol kolesterol darah dan mengurangi kadar gula darah. Jika dikonsumsi tiap hari bisa meningkatkan daya ingat.

Dilansir dari timesofindia (1/11) menurut Amit Goel, Co-Founder, National Food and Beverages, teh ginseng sangat baik untuk kesehatan dan bisa jadi alternatif teh biasa atau bisa dijadikan sebagai minuman penjaga kesehatan.


Awali Pagi dengan Secangkir Teh Ginseng Agar Tak Mudah SakitFoto: Istimewa



Lalu apa saja khasiat teh ginseng untuk kesehatan? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini khasiat rutin minum teh ginseng.

1. Mencegah kanker

Menurut beberapa studi, ginseng dapat menurunkan risiko kanker dan sangat direkomendasikan pada penderita kanker untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ini karena ginseng kaya nutrisi, seperti kandungan vitamin B1, B2, B12 dan C. Mampu mengusir radikal bebas dalam tubuh dan melindungi kerusakan sel. Juga sangat bagus menjaga kulit tetap sehat, bersih dan bersinar.

2. Menambah stamina

Teh ginseng juga memiliki khasiat memulihkan tubuh, memberi efek menenangkan dan tubuh lebih santai. Sangat baik mengatasi sulit tidur dengan mendorong metabolisme dan daya tubuh lebih baik.

Teh ginseng sangat baik dikonsumsi untuk penambah stamina atau energi. Karena kemampuannya melancarkan metabolisme yang menambah energi. Selain itu juga merangsang sel-sel otak yang menambah daya konsentrasi dan daya ingat.

Awali Pagi dengan Secangkir Teh Ginseng Agar Tak Mudah SakitFoto: iStock


3. Membantu turunkan berat badan

Teh ginseng juga dikenal karena khasiatnya memperkuat sistem daya tahan tubuh. Hal ini mendorong turunnya berat badan karan metabolisme yang seimbang dan efektif. Apalagi jika dibarengi dengan olahraga rutin.

Teh ginseng terbukti mengandung ekstrak yang baik untuk melawan obesitas. Karena teh ini bekerja seperti pengendali nafsu makan alami. Jika dikonsumsi rutin teh ginseng bisa membantu penurunan berat badan lebih sehat.

4. Menurunkan gula darah
Teh ginseng bisa membantu mengatur gula darah. Juga bisa membantu membersihkan racun dalam darah. Karenanya konsumsi teh ginsneg dianjurkan untuk mencegah diabetes.

Menurut buku ''Prescription For Herbal Healing' yang ditulis Phyllis A. Balch teh ginseng dapat mengurangi kebutuhan hormon insulin dan mengurangi efek suntikan insulin. Minum teh ginseng sangat dianjurkan pada pendeita diabetes tipe 2.

Awali Pagi dengan Secangkir Teh Ginseng Agar Tak Mudah SakitFoto: ilustrasi/thinkstock


5. Meningkatkan gairah seks

Tak salah jika teh ginseng juga disebut sebagai obat kuat. Pria Korea selalu rutin minum teh ginseng untuk menjaga kesehatan seksualnya.

Menurut buku 'Linda Page's Healthy Healing: A Guide to Self-healing for Everyone', teh ginseng merupakan satu-satunya herba yang secara klinis
terbukti mengandung phyto testoterone atau testoteron alami dari tanaman. Teh ini juga mampu menambah jumlah sperma dan mencegah gangguan prostat.



Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)