Selain Karbohidrat, Ini Kandungan Nutrisi Kentang yang Menyehatkan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 18 Okt 2019 11:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -
Kentang diandalkan sebagai makanan diet karena rendah karbohidrat. Padahal ada sejumlah nutrisi kentang yang sangat menyengatkan.
Kentang adalah salah satu umbi-umbian yang menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika dijadikan kentang goreng atau keripik kentang. Ini karena rasanya yang gurih enak.Tidak ada yang menolak jika diberikan makanan tersebut.
Namun, banyak orang lebih memilih ubi jalar karena diyakini lebih sehat dari kentang. Apalagi ubi jalar rasanya manis. Bagi yang tak suka kentang mengatakan kalau kentang hanya mengandung karbohidrat dengan sedikit vitamin dan mineral. Namun tidak sepenuhnya benar. Karena nutrisi kentang sangat beragam dan menyehatkan tubuh, bukan hanya karbohidrta saja.

Selain Karbohidrat, Ini Kandungan Nutrisi Kentang yang MenyehatkanFoto: iStock
Elizabeth Shaws seorang pendiri website shawsimpleswaps.com mengatakan, "Kentang sebenarnya mengandung lebih banyak kalium daripada pisang, juga mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, ditambah sedikit zat besi serta kalsium."

Baca Juga: Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik Untuk Kesehatan (2)
Kalium adalah elektrolit yang mendukung fungsi saraf dan otot dan dapat membantu mengimbangi beberapa efek natrium pada tekanan darah .Vitamin B6 sangat penting untuk perkembangan otak dan membantu menjaga sistem saraf dan kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.
Zat besi sangat penting untuk darah yang sehat dan kalsium adalah bahan pembangun yang kuat. Dan Anda mungkin sudah tahu bahwa serat membuat kenyang dan menjaga pencernaan lancar dan sehat. Sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membuat kulit tampak awet muda.
Selain itu menurut Shaw, kentang juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik. Dan kandungan nutrisi kentang ini berlaku ke semua jenis kentang.
Namun apakah kentang bagus untuk proses menurunkan berat badan seperti halnya ubi jalar? Tentu saja. Karena kentang mengandung sumber karbohidrat dan dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat lain seperti nasi.
Tak perlu bingung untuk konsumsi kentang dengan cara yang sehat. Kentang bisa dipanggang, dikukus dan dibuat campuran salad, gad-gado atau dipanggang sebagai pengganti nasi.

Baca Juga: Ganti Nasi dengan Kentang Untuk Sarapan yang Lebih Sehat

Selain Karbohidrat, Ini Kandungan Nutrisi Kentang yang MenyehatkanFoto: iStock
Jika suka kentang goreng yang renyah, bisa membuat potato wedges dengan memanggang kentang yang sudah dipotong-potong bersama kulitnya. Jadi tak perlu lagi bingung karena ada banyak cara untuk konsumsi kentang dengan cara yang lebih sehat.


Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)