Kolesterol Tinggi? Pilih 8 Camilan Ini untuk Ganjal Perut

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 10 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -
Untuk penderita kolesterol tinggi, ada beberapa pantangan makan. Namun kalau mau ngemil, 8 makanan ini aman dikonsumsi.

Bagi penderita kolesterol tinggi, setiap gigitan pada makanan mungkin akan terhitung jumlah kolesterolnya walaupun itu hanya camilan di antara waktu makan. Anda mungkin juga berpikir mengurangi camilan adalah cara yang harus dilakukan agar kolesterol Anda turun. Namun makan secara teratur sebenarnya penting untuk menormalkan kadar kolesterol Anda dan menjaga metabolisme sepanjang hari.

'Ngemil' juga merupakan cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol Anda, selama Anda bijak dalam memilih camilan yang akan dikonsumsi. Bukan karena Anda tidak dapat mengonsumsi keripik, kentang goreng, donat, dan kue tidak berarti Anda terjebak dengan pilihan yang tidak memiliki rasa yang enak.

Baca Juga: Cegah Kenaikan Kolesterol dengan 5 Makanan Ini

Dirangkum oleh Every day Health (24/07), berikut adalah 8 camilan sehat yang akan Anda nikmati yang juga baik untuk kesehatan jantung selain kolesterol Anda.

Kolesterol Tinggi? Pilih 8 Camilan Ini untuk Ganjal PerutFoto: Istimewa

1. Popcorn
Jagung dan pop corn, keduanya masuk ke dalam biji-bijian. Yang berarti keduanya tinggi akan serat dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Ini adalah camilan yang rendah kalori jika disajikan dengan benar.

Gunakan microwave dan hindari memakai mentega atau garam sebagai rasanya. Jika ingin menambahkan sedikit rasa, coba semprotkan minyak zaitun dan tambahkan keju parmesan.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat menjadi pilihan camilan yang baik dalam menurunkan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh yang menyumbat arteri dengan almond kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat, tidak hanya menurunkan LDL (kolesterol jahat), juga merupakan strategi ideal untuk mencegah LDL dari pengoksidasi. Tak hanya almond, namun kenari juga baik untuk menurunkan kolesterol.

3. Sayuran dengan Hummus
Paduan sayuran dan hummus sangat disarankan untuk camilan penderita kolesterol. Karena penuh serat, vitamin, dan mineral yang berkontribusi untuk kesehatan yang baik. Tak hanya itu, keduanya juga rendah lemak, natrium, kolesterol, dan kalori, yang semuanya berkontribusi pada penyakit jantung.

Coba campurkan sayuran seperti buncis atau kacang dengan hummus. Cocolan ii menawarkan serat, protein, dan antioksidan yang sehat.

Kolesterol Tinggi? Pilih 8 Camilan Ini untuk Ganjal PerutFoto: iStock


4. Keripik Kentang "Homemade"
Memang keripik kentang kerap dihindari penderita kolesterol. Namun bukan berarti tak boleh dikonsumsi sama sekali. Tak ada salahnya jika membuat keripik kentang sendiri di rumah. Buatlah keripik kentang rendah kalori, tinggi serat, dan diisi dengan kalium, serta mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Baca Juga: Apa Benar Makan Telur Bisa Sebabkan Kolesterol Darah Naik?

Jadi buatlah keripik kentang Anda sendiri dengan versi dipanggang. Bumbui dengan sedikit minyak zaitun yang sehat untuk jantung, dan bumbu herbal seperti rosemary.

5. Oatmeal
Jangan berpikir kalau oatmeal hanya hidangan yang pas untuk sarapan, namun juga baik untuk menurunkan kolesterol sebagai camilan. Oatmeal mengandung serat yang dapat menyerap kolesterol dan membantu memindahkannya melalui sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam tubuh.

Selain itu, serat ini terhubung dengan asam empedu untuk membantu ekskresi, memaksa hati Anda untuk membuat lebih banyak empedu, yang membantu menurunkan kolesterol LDL.

6. Buah-buahan
Daripada mengonsumsi permen, lebih baik konsumsi buah untuk asupan gula. Apel, stroberi, dan buah-buahan sitrus mengandung banyak pektin yang merupakan salah satu serat yang dapat mengurangi kolesterol jahat.

Jeruk Clementines juga adalah pilihan yang baik karena mengandung potasium yang dapat membantu tekanan darah.

7. Sup Sayur yang Dipenuhi Kacang
Sup mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran sebagai camilan, namun bisa juga menjadi makanan cepat, mudah, mengenyangkan yang rendah lemak jenuh. Terutama itu adalah sup sayur yang dipenuhi kacang.

Kacang mengandung serat dan protein untuk membantu mencegah rasa lapar (dan keinginan untuk ngemil). Sayuran tidak hanya menawarkan banyak serat, tetapi juga vitamin, mineral, fitonutrien yang menyehatkan untuk jantung Anda.

Kolesterol Tinggi? Pilih 8 Camilan Ini untuk Ganjal PerutFoto: iStock


8. Roti Gandum
Roti gandum adalah pilihan yang tepat untuk camilan saat diet. Karena mengandung biji-bijian yang kaya akan serat dan protein. Roti gandum juga memiliki banyak manfaat tambahan, hanya dengan satu iris dapat memberi Anda sekitar 2gr protein dan 2gr serat.


Simak Video "3 Camilan Sehat Buat yang Lagi Diet"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)