Apa Benar Makan Telur Bisa Sebabkan Kolesterol Darah Naik?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 05:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tinggi protein, telur sering disebut sebagai penyumbang kolesterol. Konsumsi telur setiap hari, apa bisa bikin kolesterol darah naik?

Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh JAMA telah menjawab beberapa keraguan soal kandungan kolesterol pada telur.

Para peneliti mencari hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit kardiovaskular. Mereka menggabungkan temuan dari enam studi yang berbeda, dalam penelitian ini melibatkan 30.000 peserta selama 17 tahun untuk menganalisis temuan terbarunya.

Apa Benar Makan Telur Bisa Membuat Kolesterol Darah Naik?Foto: Istock

Kesimpulannya untuk setiap tambahan 300 mg kolesterol sehari dalam makanan, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Meskipun begitu, telur tetap bisa jadi pilihan yang sehat karena tinggi nutrisi jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca juga: Apa Benar Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Darah Naik?

Tak perlu khawatir, telur tetap bisa jadi pilihan sehat yang kaya nutrisi, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Meskipun penelitian ini sangat kuat, tetapi banyak informasi yang membingungkan.

Karena ini tentang konsumsi makanan, maka sangat penting untuk diidentifikasi pembuktiannya. Dalam studi ini diadakan riset, mengambil berbagai makanan yang dimakan sampel dalam beberapa minggu. Akan tetapi, sampel banyak yang lupa tentang apa yang dimakan saat sarapan apalagi pada minggu sebelumnya.

Dikutip dari Today, kolesterol dalam makanan hanya berasal dari makanan hewani seperti kuning telur, produk susu, kerang, unggas dan daging. Satu butir telur ukuran besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol.

Apa Benar Makan Telur Bisa Membuat Kolesterol Darah Naik?Foto: Istock

Akan tetapi faktor gaya hidup lainnya juga berkontribusi terhadap risiko kardiovaskular. Beberapa yang menonjol seperti indeks massa tubuh, berat badan, merokok, sumber lain asupan kolesterol dan lemak jenuh serta olahraga.

Pedoman diet dari Amerika Serikat yang dikeluarkan pada tahun 2015 mengatakan batasi kolesterol dari makanan hingga 300 mg per hari.

Dalam studi lainnya, para peneliti menyarankan bahwa masalah kolesterol harus ditinjau kembali. Ada cara sehat dalam memasak telur supaya kalorinya lebih rendah, usahakan direbus. Apabila ingin telur goreng, harus dengan minyak sayur dan jangan menggunakan mentega. Dari situlah Anda bisa menurunkan asupan kolesterol.


Untuk satu butir telur rebus mengandung kalori sebanyak 154 Kkal, sedangkan satu butir telur goreng 251 Kkal dan satu butir telur yang dibuat omelet sekitar 155 Kkal.

Menurut American Heart Associaton, konsumsi telur satu butir sehari adalah batas aman dan tidak berisiko tingkatkan kolesterol.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Tiga Butir Telur Tiap Hari (lus/odi)