Selain Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Sehat Konsumsi Kunyit

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 03 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sering dijadikan sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata juga memiliki manfaat super bagi kesehatan. Diantaranya mencegah kanker hingga penyakit ginjal.

Kunyit, bumbu dapur berwarna kuning yang berasal dari India ini adalah tanaman rimpang yang berada satu keluarga dengan jahe. Kunyit banyak dipakai dalam masakan Timur Tengah hingga Asia Tenggara selama ribuan tahun.

Bukan hanya untuk masakan, kunyit juga sering dipakai sebagai obat-obatan tradisional. Kunyit terkenal dengan manfaatnya membersihkan infeksi dan radang di bagian dalam dan luar tubuh. Bukan hanya itu, berikut manfaat kunyit bagi tubuh seperti dilansir dari MNN (25/9).

Baca Juga: Jokowi Rutin Minum Racikan Kunyit, Jahe dan Temulawak, Ini Manfaat Sehatnya

Selain Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Sehat Konsumsi KunyitFoto: iStock

1. Mencegah Kanker

Dokter di UCLA menemukan bahwa curcumin, komponen utama dalam kunyit ternyata dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker kepala dan leher. Hal ini telah dibuktikan dalam salah satu studi yang melibatkan 21 orang penderita kanker kepala dan leher sebagai partisipan. Mereka diminta mengunyah dua tablet yang mengandung 1.000 mg curcumin.

Kemudian laboratorium independen di Maryland menemukan bahwa enzim yang mengakibatkan kanker di mulut pasien dapat terhambat oleh curcumin. Dengan demikian, kunyit terbukti dapat mencegah penyebaran sel-sel ganas.

2. Antioksidan yang Kuat

Kunyit juga disebut sebagai antioksidan yang kuat. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, jika antioksidan Anda kuat, maka Anda dapat memerangi radikal bebas penyebab kanker. Di samping itu, meski beberapa penelitian lanjutan masih dibutuhkan, penelitian awal mengindikasikan curcumin bantu cegah beberapa kanker seperti prostat, kulit, dan usus besar.

Selain Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Sehat Konsumsi KunyitFoto: iStock

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah studi dalam salah satu jurnal mengungkapkan bahwa curcumin juga dapat meningkatkan ingatan dan perubahan suasana hati pada orang yang menderita kasus kehilangan ingatan ringan.

Hal ini telah dibuktikan oleh peneliti yang melakukan studi pada sekelompok orang tua. Kemudian mereka yang minum pil curcumin selama 18 bulan. Hasilnya, memori mereka meningkat sebesar 28%. Dokter juga percaya bahwa semua rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan daya ingat.

4. Pereda Nyeri Radang Sendi

Kunyit juga dapat membantu nyeri radang sendi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat meringankan rasa sakit osteoarthritis atau nyeri radang sendi. Dalam salah satu penelitian juga membuktikan bahwa kunyit dapat bekerja sebaik ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dari osteoarthritis.

Selain Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Sehat Konsumsi KunyitFoto: iStock

5. Melancarkan Pencernaan

Curcumin pada kunyit juga dapat bekerja dengan kantong empedu yang dapat melancarkan pencernaan. Bahkan di Jerman, kunyit sering diresepkan untuk masalah pencernaan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu meredakan perut kembung. Kunyit juga dapat membantu mencegah terjadinya sindrom iritasi usus besar (IBS) pada orang yang sehat.

6. Cegah Penyakit Jantung

Kunyit juga dapat cegah penyakit jantung, karena salah satu peneliti telah berhasil menunjukkan bahwa curcumin pada kunyit dapat membantu mencegah penumpukan plak yang bisa menyumbat arteri sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Selain Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Sehat Konsumsi KunyitFoto: iStock

7. Kurangi Gejala Diabetes

Kunyit dapat kurangi diabetes. Salah satu studi berhasil menunjukkan bahwa dengan konsumsi kunyit setiap hari dapat mengurangi jumlah orang dengan prediabetes yang ke depannya mungkin alami diabetes.

Baca Juga: 5 Aturan Untuk Menu Sarapan Sehat Penderita Diabetes


Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)