5 Aturan Untuk Menu Sarapan Sehat Penderita Diabetes

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Sep 2019 07:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sarapan penting untuk semua orang, termasuk penderita diabetes. Hanya saja mereka perlu memilih menu yang tepat untuk menghindari lonjakan gula darah.

Sebagai waktu makan terpenting harian, sarapan tidak boleh dilewatkan. Sarapan sudah terbukti memiliki manfaat positif untuk tubuh. Mulai dari memasok energi yang cukup untuk mengawali aktivitas hingga mencegah makan berlebih pada waktu makan selanjutnya.

Para penderita diabetes pun sangat dianjurkan untuk sarapan. Jika penderita diabetes tidak sarapan, tubuh akan terpicu memproduksi gula sendiri dalam bentuk gula darah yang nantinya disimpan serta dilepaskan ke dalam aliran darah. Kondisi ini berbahaya karena bisa menyebabkan kadar gula darah terus naik.

Sebaliknya, kebiasaan sarapan akan membuat penderita diabetes tetap berenergi. Namun mereka perlu memperhatikan benar pemilihan menu untuk sarapan. Sebab kalau salah pilih makanan, lonjakan gula darah tak terhindarkan. Alih-alih berenergi, penderita diabetes justru bisa merasa lemas.

Kuncinya adalah memilih makanan rendah kalori atau yang indeks glikemiknya rendah. Hindari konsumsi makanan manis atau berlemak di pagi hari supaya tubuh tetap sehat. Berikut aturan penting yang dirangkum Reader's Digest (18/9) soal sarapan bagi penderita diabetes.

(adr/odi)