Agar Tak Sakit Perut, Hindari Sarapan 5 Makanan Ini Saat Perut Kosong

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 25 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Perut kosong saat bangun tidur, jangan langsung sembarang menyantap makanan. Ada beberapa makanan yang ketika dimakan saat perut kosong akan picu sakit perut.

Setelah tidur beberapa jam di malam hari, tentu akan menyebabkan perut kosong dan lapar di pagi harinya. Anda pun kerap tergoda menyantap makanan apapun yang ada di depan mata. Hal ini kurang baik karena Anda harus perhatikan makanan yang akan dimakan. Salah menyantap makanan malah bisa sebabkan gangguan pencernaan.

Berikut beberapa makanan yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi saat perut kosong. Informasinya dirangkum Gaia (24/9) seperti berikut.

Baca Juga: Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Tidur

1. Ragam buah jeruk

Agar Tak Sakit Perut, Hindari Sarapan 5 Makanan Ini Saat Perut KosongFoto: iStock

Meskipun kaya nutrisi, untuk konsumsi buah-buahan ternyata juga perlu diperhatikan waktu dan jumlahnya. Misalnya ragam jeruk atau citrus, asam yang ada dalam buah jeruk dapat memberikan dorongan yang tidak penting untuk produksi asam dalam usus Anda. Itu sama saja akan menyebabkan masalah perut seperti lambung atau bahkan gastritis.

Mulas juga merupakan reaksi yang mungkin terjadi ketika Anda konsumsi buah jeruk saat perut kosong, karena metabolisme jadi lebih lambat berkat tingginya fruktosa yang terdapat dalam buah-buahan. Selain jeruk, jambu biji juga perlu Anda hindari karena kandungan asam sitratnya yang tinggi.

2. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik untuk usus, tapi hindari konsumsinya saat perut kosong. Sebab yogurt tinggi kandungan asam laktat. Sementara perut kosong sudah memiliki kadar asam lambung yang tinggi. Mengonsumsi yogurt saat perut kosong bisa menyebabkan asam laktat dari yoghurt menjadi benar-benar tidak efektif atau bahkan mengarah pada refluks asam yang tidak menyenangkan.

3. Kopi

Agar Tak Sakit Perut, Hindari Sarapan 5 Makanan Ini Saat Perut KosongFoto: Istimewa

Ketika bangun tidur, seringkali kopi menjadi pelengkap saat sarapan. Padahal minum kopi saat perut kosong di pagi hari akan menyebabkan tingkat keasaman yang lebih tinggi dalam tubuh. Anda juga dapat mengalami gangguan pencernaan dan mulas sepanjang hari berkat kopi ini, jadi sebaiknya makan makanan sehat terlebih dahulu sebelum minum kopi saat bangun tidur.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas di pagi hari akan menyebabkan peningkatan produksi asam di lambung, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan Anda. Hal ini karena adanya capsaicin pada makanan pedas atau cabai. Jadi pastikan untuk menghindari makanan pedas apapun saat perut kosong, agar pencernaan tetap aman.

5. Pisang

Agar Tak Sakit Perut, Hindari Sarapan 5 Makanan Ini Saat Perut KosongFoto: iStock

Ternyata pisang juga tidak baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Sebab makan pisang saat perut kosong akan meningkatkan jumlah magnesium dalam darah, yang tidak baik untuk jantung Anda. Pisang juga kaya akan gula alami, bahkan 25% pisang rata-rata adalah gula, sehingga akan memberi Anda dorongan energi di awal, namun akan menghabiskan energi Anda dalam beberapa jam kemudian.

Gula yang ada pada pisang juga akan membuat Anda berenergi di awal untuk sementara tetapi akan membuat Anda lapar lebih cepat. Bukan hanya itu, sifat asam dari buah ini juga akan sebabkan seseorang mengalami masalah pencernaan jika Anda secara rutin makan pisang saat perut kosong.

Baca Juga: Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini


Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)