Ini Alasan Mengapa Saat Lapar Sebaiknya Tak Ambil Keputusan Penting

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 23 Sep 2019 14:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Saat lapar kerap kali seseorang menjadi gegabah. Karenanya tidak disarankan mengambil keputusan besar atau penting ketika perut keroncongan.

Membuat keputusan merupakan hal yang membutuhkan konsentrasi serta pikiran yang jernih. Sebab apapun keputusan itu, akan memberikan pengaruh besar dalam hidup Anda.

Karenanya akan lebih baik jika ingin membuat keputusan, Anda berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima. Salah satunya adalah menghindari membuat keputusan saat perut sedang lapar. Mengapa demikian?

Ini Alasan Mengapa Saat Lapar Sebaiknya Tak Ambil Keputusan PentingFoto: shutterstock

Mirror (16/9) melaporkan, para peneliti dari University of Dundee, Inggris telah mengungkapkan bahwa kelaparan secara signifikan dapat mengubah kemampuan seseorang ketika sedang mengambil keputusan. Sebab akan membuat orang itu lebih tidak sabar dan tergoda dengan imbalan kecil yang lebih cepat ketimbang imbalan besar yang akan datang setelahnya.

Baca Juga: Kenali Bedanya Lapar Fisik dengan Lapar Emosional

Dalam studi ini, peneliti telah menanyakan pertanyaan tentang makanan, uang, dan hadiah kepada 50 peserta. Kemudian partisipan mendapat dua pilihan yakni hadiah kecil tapi langsung bisa didapat, dan pilihan kedua ialah hadiah besar namun bisa didapat di kemudian hari.

Ini Alasan Mengapa Saat Lapar Sebaiknya Tak Ambil Keputusan PentingFoto: iStock

Hasilnya mengungkap, ketika partisipan lapar, mereka akan lebih memilih hadiah yang lebih kecil yang akan diberikan segera. Dibanding menunggu hadiah besar yang akan tiba nanti.

Menggali lebih dalam pada hasilnya, peneliti mencatat bahwa jika menawarkan hadiah pada seseorang sekarang atau menggandakan hadiah tersebut di masa mendatang, mereka mau menunggu 35 hari dalam kondisi kenyang. Tetapi ketika mereka lapar, jumlahnya merosot jadi hanya 3 hari saja.

Ini Alasan Mengapa Saat Lapar Sebaiknya Tak Ambil Keputusan PentingFoto: iStock

Secara umum temuan ini menunjukkan bahwa kelaparan dapat memengaruhi preferensi orang dengan cara yang mungkin tidak mereka ketahui, dan membuktikan bahwa membuat keputusan penting dengan perut kosong bukanlah hal yang bijaksana.

Dr Benjamin Vincent, pemimpin penelitian ini, mengatakan, "Penelitian kami bisa berdampak pada hal apapun. Saya kasih contoh ketika Anda lapar, tentu akan memilih makanan yang tidak sehat yang justru akan mengganggu diet Anda. Padahal seharusnya Anda mengambil keputusan yang bisa menguntungkan di waktu jangka panjang Anda."

Baca Juga: Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan Turun


Simak Video "Bikin Lapar Edisi Bakso, Gado-gado, sampai Gulai Kepala Kakap"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)