Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan Turun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang salah kaprah membiarkan diri kelaparan saat berdiet. Padahal kalau mau turunkan berat badan, langkah itu justru tak efektif.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu yang banyak dilakukan orang adalah membuat diri kelaparan karena jarang makan atau pun makan dalam jumlah sangat sedikit.

Langkah tersebut dinilai kurang tepat oleh para personal trainer (pelatih olahraga pribadi) top. Alasannya saat seseorang merasa sangat lapar, justru besar kemungkinan ia akan melahap makanan yang kurang sehat.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

Baca Juga: Cegah Rasa Lapar Berlebih dengan Lahap 10 Makanan Enak Ini

"Rasa lapar harus dihindari dengan cara apa pun karena itu berarti Anda berada di dasar kemerosotan dan secara emosional Anda mungkin di luar kendali tentang apa yang akan Anda masukkan ke dalam mulut selanjutnya," kata Rich Tidmarsh dari Reach Fitness London kepada This Is Insider (8/1).

Tidmarsh yakin bahkan seseorang yang sangat patuh pun bisa kalap makan saat benar-benar lapar. Hal ini dipicu kadar gula darah yang menurun drastis.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

"Mereka makan menu selanjutnya, dan bagi banyak orang hal ini berakhir pada pilihan camilan tak sehat," lanjut Tidmarsh. Sebagai contoh, seseorang yang pulang kerja dalam keadaan lapar akan ngemil keripik kentang sebelum waktu makan malam tiba.

Tidmarsh melanjutkan, "Orang-orang seperti mereka belum mengatur asupan makanan dan rasa lapar dengan benar. Akhirnya ada tambahan asupan 200-400 kalori sebelum mereka santap malam."

Menurutnya kalau mau turunkan berat badan dengan sehat, Anda harus mengurangi asupan 200-250 kalori saja per hari. Jika hal ini rutin dilakukan, berat badan Anda bisa turun hampir 1 Kg di akhir minggu.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

Pada dasarnya, rasa lapar adalah tanda dari tubuh bahwa Anda perlu makan. Yang jadi masalah, Anda tetap makan sekali pun dalam keadaan tidak lapar.

Meski begitu, seorang penasihat gizi bernama Hannah Bright memberi sedikit pandangan berbeda. Menurutnya tak mengapa mengabaikan sedikit rasa lapar saat sedang turunkan berat badan.

"Jika Anda coba mengurangi lemak, Anda harus ada dalam kondisi defisit kalori. Ini berarti, Anda makan lebih sedikit kalori dibanding yang Anda bakar tiap harinya. Karenanya mungkin muncul rasa lapar. Kondisi ini adalah yang diharapkan dan normal," pungkas Hannah.

Baca Juga: Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips Praktisnya

(adr/odi)