Sedang Mengontrol Porsi Makan? Coba 5 Tips Ahli Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 19 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya untuk kurangi berat badan, mengontrol porsi makan juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Para ahli memberi tips supaya Anda bisa makan dalam porsi seimbang.

Saat bertekad menurunkan berat badan, tentu hal utama yang terpikirkan adalah mengurangi atau mengontrol porsi makan. Sebab salah satu penelitian terbaru mengatakan jika Anda konsumsi kalori berlebih atau makanan tinggi lemak, maka dapat sebabkan tubuh berhenti merespons sinyal leptin.

Leptin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memberi tahu Anda ketika sudah kenyang dan kapan harus berhenti makan. Maka menurut salah satu temuan, dengan makan makanan seimbang dan tidak terlalu banyak kalori, dapat membantu menjaga leptin tetap terkontrol.

Para ahli pun sepakat mengatakan kalau sangat penting mengontrol porsi makan. Body + Soul (9/9) melaporkan, inilah 5 tips mengontrol porsi makan agar Anda makan dalam porsi yang lebih seimbang.

Baca Juga: Ini Cara Praktis Mengukur Porsi Makan dengan Tangan


1. Sisihkan 1/3 porsi

Sedang Mengontrol Porsi Makan? Coba 5 Tips Ahli IniFoto: iStock

Jika Anda sering makan berlebih, Anda bisa coba sisihkan 1/3 porsi makanan atau camilan Anda ke dalam wadah lain. Kemudian, sisa makanan yang disisihkan itu dapat Anda makan ketika Anda merasa lapar lagi nantinya. Tetapi Anda perlu tunggu setidaknya 20 menit, sebelum makan makanan tersebut. Anda juga hanya bisa memakan makanan tersebut, jika Anda benar-benar merasa lapar. Dengan cara seperti ini secara rutin, dapat membuat Anda lebih mudah mengontrol porsi makan.


2. Memahami konsep seimbang


Anda bisa seimbangkan makan dengan konsumsi 1/2 piring sayuran rendah pati seperti sayuran berdaun hijau, tomat, brokoli, kembang kol, cabai, mentimun dan sebagainya, kemudian dengan lauk tanpa lemak protein seperti ikan, ayam, daging merah tanpa lemak, susu, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Tak lupa dengan karbohidrat kompleks 1/4 piring seperti ubi jalar, gandum, oat, buah, roti gandum, dan 1 sendok lemak sehat seperti ikan berlemak, alpukat, minyak zaitun extra virgin, dan kacang atau biji-bijian.

Untuk porsinya, masing-masing akan berbeda tergantung pada kebutuhan individu. Saat makan dengan cara ini, tubuh akan merasa kenyang sehat sehingga Anda terhindar dari makan makanan lain nantinya.


3. Hindari makan langsung dari kemasan makanan

Sedang Mengontrol Porsi Makan? Coba 5 Tips Ahli IniFoto: iStock

Ketika Anda mendapatkan makanan dari kemasan yang Anda pesan, tentu Anda akan mendapatkan jumlah yang banyak. Untuk kurangi porsi makan, Anda bisa sisihkan menu lainnya agar Anda makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Anda bisa nikmati sisa menu tersebut ketika Anda merasa lapar lagi.


4. Fokus ketika makan


Anda harus makan dengan fokus dan pikiran tidak kemana-mana. Sebab jika Anda makan dengan tidak fokus, Anda akan makan lebih lambat dan cenderung tidak menikmati setiap gigitan sehingga Anda akan merasakan ketidakpuasan ketika selesai makan. Hal ini berakhir membuat Anda cepat lapar lagi.


5. Perhatikan wadah makanan Anda

Sedang Mengontrol Porsi Makan? Coba 5 Tips Ahli IniFoto: iStock

Porsi makan juga tergantung dengan wadah yang Anda miliki di dapur. Jadi Anda harus perhatikan wadah Anda. Anda bisa makan dengan porsi sedikit ketika Anda memiliki piring atau mangkuk yang kecil, begitupun sebaliknya. Jadi untuk mengontrol porsi makan, Anda perlu gunakan wadah yang kecil, sebab jika Anda mengambil makanan kemudian diletakkan ke piring yang besar, kemungkinan Anda akan menghabiskan seluruh makanan tersebut tanpa berpikir.

Baca Juga: Kurangi Porsi Makan Ternyata Tak Bikin Berat Badan Turun




Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)