Terlihat Sehat, 8 Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya dari Rokok!

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jangan terkecoh, makanan yang terlihat sehat ini ternyata tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Beberapa makanan ini ternyata lebih bahaya dari rokok.

Merokok bisa jadi hal yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena rokok mengandung banyak racun yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, kanker mulut, dan lain-lain.

Namun banyak yang belum tahu, bahwa ternyata ada beberapa makanan yang lebih berbahaya dari rokok, meskipun terlihatnya menyehatkan. Dilansir dari Bright Side (16/9), inilah 8 makanan yang ternyata lebih berbahaya dari rokok.

Baca Juga: Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk

1. Jus buah segar

Terlihat Sehat, 8 Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya dari Rokok!Foto: iStock

Buah memang penting untuk memenuhi nutrisi tubuh Anda sehingga sering kali beberapa orang minum jus buah segar. Namun ternyata, buah yang diolah menjadi jus akan kehilangan sebagian besar nutrisinya, seperti serat yang dapat mencegah diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Bukan hanya itu, dengan konsumsi jus yang banyak akan sebabkan masalah kesehatan lainnya karena tingginya jumlah gula yang dikandungnya. Maka Anda dianjurkan untuk makan buah utuh daripada jus buah.

2. Granola batangan

Meskipun kaya nutrisi, beberapa granola batangan juga kaya akan gula tambahan. Menurut Database Nutrient, granola batangan mengandung 15 hingga 30 g gula. Padahal, granola sering menjadi cara alternatif dalam membunuh rasa lapar dan menghindari makan berlebih. Untuk mendapatkan manfaat dari granola tersebut, pastikan Anda konsumsi granola batangan yang mengandung setidaknya 3 gram serat, 5 gram protein, dan kurang dari 10 gram gula.

3. Sushi

Terlihat Sehat, 8 Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya dari Rokok!Foto: iStock

Sushi sebenarnya tidak berbahaya. Namun, berbagai bahan dalam sushi-lah yang menyebabkan masalah. Di dalam sushi terkandung berbagai bahan yang sifatnya aditif. Dalam satu gulungan, sushi umumnya mengandung mayones, karbo, krim keju, saus, dan produk kontroversial lainnya yang meningkatkan nilai gizi sushi dan membuat satu set sushi mempunyai asupan kalori.

Untuk menghindari masalah berat badan, pilihlah sushi yang sederhana. Seperti sashimi yang hanya menggunakan salmon atau tuna mentah sebagai toppingnya.

4. Ikan budidaya

Ikan liar adalah sumber yang kaya asam lemak Omega-3 yang sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Tetapi semua ini tergantung pada apa yang ikan makan. Sayangnya, ikan yang sering Anda beli di supermarket biasanya tidak datang dari laut, tetapi dari peternakan. Karena itu, mereka tidak hanya kekurangan nutrisi sehat, tetapi mereka juga mengandung zat kimia tambahan yang digunakan petani untuk membuatnya ikan tumbuh lebih cepat.

5. Makanan bebas lemak

Terlihat Sehat, 8 Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya dari Rokok!Foto: iStock

Kini diet bebas lemak sedang diminati oleh banyak orang. Sampai ahli gizi menyadari bahwa produsen mulai mengganti lemak sehat dengan gula olahan untuk menjaga rasa alami produk. Jadi, Anda seakan konsumsi camilan yang tampak sehat, padahal Anda sedang mengonsumsi gula buatan yang disamarkan.

Maka kini para ahli menganjurkan Anda untuk memilih produk susu yang kaya protein dan lemak sehat, seperti keju cottage atau yogurt yang tidak mengandung gula olahan.

6. Sereal

Sereal selalu dianggap sebagai solusi sederhana untuk sarapan sehat dan bergizi. Namun, tidak semua jenis sereal memberikan manfaat yang sama, meskipun sebagian besar sereal terbuat dari biji-bijian olahan. Sebab selama pemrosesan ini, sereal kehilangan banyak serat dan nutrisi lain yang dapat membantu Anda untuk tetap kenyang. Belum lagi jumlah gula yang ditambahkan ke sereal untuk membuatnya terasa lebih enak dan lebih menarik.

Peningkatan asupan gula dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Untuk menggantikan sereal, Anda bisa ganti dengan oatmeal atau gandum utuh yang mengandung cukup serat untuk membuat Anda kenyang dan berenergi.

7. Roti putih

Terlihat Sehat, 8 Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya dari Rokok!Foto: iStock

Roti putih adalah produk lain yang terbuat dari biji-bijian olahan namun roti putih ternyata kekurangan nutrisi dan serat sehat. Sementara serat dapat berpengaruh pada berat badan yang sehat, tekanan darah yang baik, dan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Jadi untuk menggantikan roti putih, Anda dianjurkan untuk konsumsi roti gandum.

8. Kedelai

Kedelai dikatakan sebagai tanaman pertanian paling merusak karena merampas nutrisi tanah. Selain itu, sebagian besar kedelai dimodifikasi secara genetik, yang berarti Anda hampir tidak mendapatkan nutrisi yang dijanjikan.

Masalah lain dengan kedelai adalah konsentrasi isoflavon yang tinggi atau estrogen tanaman, yang menyebabkan kedelai dapat mengganggu siklus menstruasi Anda. Konsumsi kedelai juga dihubungkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tak terduga, berkeringat, dan pembengkakan leher Anda.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Konsumsi 10 Makanan Ini Bisa Picu Kanker



Simak Video "Bikin Laper: Viral Nasi Babat yang Bikin Geger di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com