Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk

Riska Fitria - detikFood Kamis, 05 Sep 2019 19:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mimpi buruk dapat dipicu dari asupan makanan. Karenanya supaya tidak alami mimpi buruk, hindari asupan makanan ini sebelum tidur.

Tidur dikatakan berkualitas ketika saat tidur terasa nyenyak dan tidak mendapat gangguan-gangguan lain seperti mimpi buruk. Mimpi buruk juga bisa disebabkan oleh mengonsumsi zat-zat yang dapat merangsang hormon tidur.

Karenanya, jangan mengonsumsi beberapa makanan ini yang mengandung zat tersebut. Dilansir dari Eat This dan berbagai sumber berikut beberapa makanan tersebut:

1. Keju
Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk Foto: iStock

Keju merupakan olahan dari susu. Dalam susu diketahui terdapat senyawa bernama triptofan. Triptofan merupakan hormon perangsang tidur. Dari situlah seringkali dapat mendatangkan mimpi buruk di kala tidur. Hal ini sudah terbukti oleh sebuah penelitian yang dilakukan di British Cheese Board.

2. Saus Pedas

Makanan pedas dari campuran saus ternyata juga bisa menyebabkan mimpi buruk. Ini juga telah terbukti dalam penelitian yang menemukan bahwa mereka yang makan pedas sebelum tidur kedapatan memiliki mimpi yang penuh tekanan. Karenanya disarankan untuk tidak berlebihan konsumsi makanan pedas jelang tidur..

3. Cookie dan Kue
Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk Foto: Istimewa

Penelitian lain juga menemukan bahwa sebanyak 31% orang yang sering mimpi buruk saat tidur diketahui rutin mengonsumsi kue dan cookies. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa makanan yang terlalu manis dapat merangsang hormon tidur sehingga berkemungkinan mimpi yang kurang menyenangkan.

4. Cokelat

Makanan lainnya yang wajib dihindari sebelum tidur adalah cokelat. Rasa manis yang diberikan oleh cokelat justru akan berimbas pada rangsangan hormon ketika tidur yang berakibat timbulnya bayangan-bayangan buruk. Hindari makan cokelat ini, karena bagaimanapun makanan mengandung gula berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga : Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Tidur

5. Keripik
Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk Foto: iStock

Ngemil keripik memang selalu bikin ketagihan. Apalagi rasa gurih dengan suara renyahan tersebut membuat diri ingin terus memakannya. Baiknya, ngemil ini jangan saat malam hari sebelum tidur, karena bisa menyebabkan mimpi buruk. Dalam penelitian ditemukan sebanyak 12.5% orang mimpi buruk karena gemar makan junk food seperti keripik.

6. Pasta dan Roti

Penelitian juga menemukan hal lain bahwa mengonsumsi pasta dan roti sebelum tidur dapat merangsang otak untuk menerima mimpi yang mengecewakan. Itu karena kedua makanan tersebut mengandung karbohidrat yang berlebih yang bisa berubah menjadi gula. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa gula adalah penyebab mimpi buruk.

7. Soda
Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk Foto: Istimewa

Bukan rahasia lagi bahwa soda merupakan minuman yang tidak menyehatkan. Salah satunya dapat mendatangkan mimpi buruk saat tidur. Itu karena di dalamnya banyak mengandung kafein dan gula. Hindari meminum soda sesaat sebelum tidur.

8. Kentang Goreng dan Nugget

Kentang goreng dan nugget mengandung minyak yang bisa mendatangkan mimpi buruk saat tidur di malam hari. Sebuah penelitian juga telah menyebutkan hal tersebut. Supaya lebih sehat, disarankan untuk menggunakan minyak zaitun saat menggorengnya. Dengan begitu bisa mengurangi potensi mimpi buruk yang menyebalkan.

9. Jus
Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini Jelang Tidur Agar Tak Mimpi Buruk Foto: iStock

Ternyata tidak selamanya jus menjadi minuman yang menyehatkan. Yang membuat jus kurang sehat adalah penggunaan gula yang berlebih sebagai campuran buah. Lagi-lagi tambahan gula tersebutlah yang dapat merangsang hormon tidur mendapat bayangan kurang menyenangkan seperti mimpi buruk.

Baca Juga : Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Simak Video "Bikin Laper: Kenyal Nikmat Daging Kepala Sapi di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com