Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 04 Sep 2019 19:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mendengkur ketika tidur bisa jadi mengganggu diri sendiri dan orang lain. Supaya tidak sering terjadi hindari konsumsi makanan ini sebelum tidur.

Mendengkur atau ngorok adalah kondisi kesehatan dimana terdengar suara parau dari hembusan nafas yang kuat. Suara dengkuran tersebut terjadi karena adanya halangan yang menutupi saluran pernapasan selama tidur.

Selain tak baik untuk kesehatan diri sendiri, mendengkur juga sangat mengganggu orang-orang sekitar. Dilansir dari Times of India (3/9) suara dengkuran dapat dikurangi dengan tidak mengonsumsi 5 makanan ini sebelum tidur.

1. Gandum
Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Sebelum tidur usahakan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung gandum. Bagi orang yang suka mendengkur, gandum dapat jadi masalah karena bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan molekul sehingga dapat memproduksi lendir.

Lendir tersebut dapat menghalangi saluran hidung yang akhirnya dapat menyebabkan Anda mendengkur ketika tidur. Karenanya, menghindari makanan olahan gandum sebelum tidur adalah pilihan terbaik.

2. Gula
Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Gula memang diketahui tidak baik untuk kesehatan. Meskipun rasanya manis, tapi bisa memberikan gangguan kesehatan. Apalagi bagi orang yang sering mendengkur saat tidur.

Gula juga bisa meningkatkan produksi dahak yang nantinya akan memperburuk jaringan tenggorokan. Sehingga bisa jadi sulit bernapas dan menghasilkan suara dengkuran yang mengganggu. Hindari makanan dan minum yang mengandung gula sebelum tidur.

Baca Juga : Biar Tidur Nyenyak, Jangan Konsumsi 8 Makanan Ini Sebelum Tidur

3. Daging Berlemak Tinggi
Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Jika Anda ingin mengonsumsi daging sebelum tidur, pilihlah daging yang mengandung sedikit lemak. Seperti daging dada ayam atau pun daging ikan. Daging merah biasanya kandungan lemaknya sangat tinggi.

Lemak yang sangat tinggi bisa mengakibatkan kram pada pembuluh darah, yang nantinya akan berlanjut pada peradangan. Hal itu lah yang bisa menyebabkan suara mendengkur ketika tidur.

4. Susu
Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Susu bukan pilihan terbaik khususnya bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya bagi orang yang sering mendengkur. Produk susu ternyata dapat memperburuk keadaan saluran pernapasan yang sudah dipenuhi dengan lendir.

Lendir tersebut akan semakin banyak jika Anda memilih untuk meminum susu sebelum tidur. Ada baiknya Anda mengganti susu dengan rutin meminum air putih yang nyata akan khasiatnya.

5. Alkohol
Sering Ngorok Saat Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Alkohol memang sudah dinyatakan sebagai minuman yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sudah ada banyak kasus, seperti kerusakan otak, jantung hingga kanker.

Alkohol juga dapat memperburuk saluran pernapasan Anda yang justru akan membuat Anda mengeluarkan dengkuran yang sangat keras dan mengganggu saat tidur.

Baca Juga : Mendengkur Saat Tidur? Atasi dengan Konsumsi Madu dan Ikan

Simak Video "Bikin Laper Edisi Pedas Sambal 'Devil' Hingga Makanan Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)