Hanya Sarapan Pisang Ternyata Kurang Sehat, Ini Alasannya

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 12 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pisang kerap jadi menu sarapan karena praktis dan mengenyangkan. Tetapi apakah aman konsumsi pisang di pagi hari saat perut kosong?

Menyantap pisang saat sarapan dilakukan banyak orang karena tak perlu repot mengupas buah. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis membuat buah tropis ini semakin disukai.

Terlebih pisang punya beragam manfaat kesehatan seperti menyehatkan jantung, cegah sembelit, hingga mengontrol gula darah. Pisang juga tinggi kandungan zat besi yang menstimulasi produksi hemoglobin serta bantu atasi anemia.

Hanya Sarapan Pisang Ternyata Kurang Sehat, Ini AlasannyaFoto: iStock

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Namun Mirror (9/9) melaporkan bahwa hanya dengan sarapan pisang nyatanya tidak menyehatkan. Meskipun pisang dipenuhi dengan kalium, natrium dan vitamin B6, namun ternyata pisang tidak aman dimakan di pagi hari, ketika perut masih kosong. Hal ini dibenarkan oleh pakar nutrisi, Dr. Daryl Gioffre.

"Pisang memang terlihat sebagai buah pilihan yang sempurna untuk dimakan di pagi hari, tetapi faktanya pisang bukanlah pilihan terbaik untuk dimakan ketika sarapan karena pisang mengandung 25% gula dan cukup asam. Mereka akan memberi Anda dorongan sehingga mudah kenyang, tetapi Anda juga akan lebih cepat kembali merasa lapar," ungkap Dr Gioffre.

Hanya Sarapan Pisang Ternyata Kurang Sehat, Ini AlasannyaFoto: iStock

Kemudian Dr Gioffre juga menyarankan untuk tidak memakannya setelah makan dan ketika ngemil. Menurutnya pastikan untuk makan pisang dengan makanan lain yang berlemak sehat atau dengan rempah-rempah.

"Karena pisang bersifat asam, Anda harus menetralkan asam tersebut untuk mendapatkan manfaat dari kalium, serat, dan magnesium," tambah Dr Gioffre. Sebagai pilihan, pisang bisa dimakan dengan selai kacang alami yang gurih enak.

Baca Juga: Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan Sehatnya


Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com