Menghirup Lemon Bisa Membuat Diri Sendiri Merasa Langsing, Begini Penjelasannya!

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hanya dengan menghirup aroma jeruk lemon, ternyata dapat membuat diri sendiri merasa lebih langsing. Bagaimana bisa?

Selama ini jeruk lemon dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Populer juga sebagai bahan untuk meracik air lemon yang diyakini bisa membasuh lambung. Karenanya buah kuning beraroma segar ini menjadi buah favorit pelaku hidup sehat. Tetapi kini ada penelitian lain yang membahas soal aroma segar jeruk lemon pada persepsi bentuk tubuh.

Sebuah penelitian yang ditulis oleh Giada Brianza mendapatkan temuan unik. Mereka menyebutkan bahwa orang yang menghirup aroma jeruk lemon dapat membuat diri mereka sendiri merasa punya tubuh langsing.
Menghirup Lemon Bisa Membuat Diri Sendiri Merasa Langsing, Begini Penjelasannya!Foto: iStock

Menurutnya, aroma yang diberikan oleh buah segar tersebut dapat meningkatkan citra tubuh hingga meningkatkan harga diri. Itu terjadi karena persepsi yang dilakukan oleh otak.

"Otak kita memiliki beberapa model mental penampilan tubuh sendiri yang diperlukan untuk interaksi yang sukses dengan lingkungan," ujar Giada Brianza.

Lebih lanjut, Brianza yang juga seorang mahasiswa doktoral mengatakan bahwa persepsi dalam tubuh akan terus diperbaharui sebagai tanggapan terhadap input sensorik yang diterima dari luar dan dalam tubuh.
Menghirup Lemon Bisa Membuat Diri Sendiri Merasa Langsing, Begini Penjelasannya!Foto: iStock

Baca Juga : Menghirup Secangkir Kopi Hitam di Pagi Hari Jadi Momen Istimewa Hamish Daud Tiap Hari

Penelitian ini menunjukkan bagaimana indera penciuman dapat memengaruhi gambar yang dimiliki dalam pikiran tentang bentuk tubuh masing-masing. Termasukjuga tentang perasaan serta emosi terhadapnya.

Dilansir dari Fox News (8/9) penelitian ini dilakukan di lab University of Sussex's Computer-Human Interaction (SCHI). Peserta percobaan penelitian merasa tubuh mereka lebih kecil dan lebih ringan ketika mereka menghirup aroma segar jeruk lemon.

Sementara sebaliknya, ketika orang menghirup vanila, mereka akan merasa tubuh mereka lebih tebal dan lebih berat. Menurut Brianza, penelitian ini bisa menjadi terapi baru untuk orang yang memiliki gangguan persepsi pada bentuk tubuh. Mengingat di Inggris sendiri terdapat 3.5 juta orang dan di Amerika terdapat 30 juta orang yang mengalami gangguan makan.

Dalam persepsi ini, jeruk lemon dikaitkan dengan siluet tipis, bentuk runcing dan suara bernada tinggi. Sementara pada vanilla dikaitkan dengan siluet tebal, bentuk bulat dan suara bernada rendah.
Menghirup Lemon Bisa Membuat Diri Sendiri Merasa Langsing, Begini Penjelasannya!Foto: iStock

"Mereka bisa menggunakan aroma untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri orang yang mengatur ulang perasaan berat badan yang tidak sempurna," tambahnya.

Penelitian yang menganalisis bagaimana aroma dapat mempengaruhi citra tubuh ini baru pertama kali dilakukan. Juga telah dipresentasikan pada konferensi Internasional di Paphos, Siprus.

Sebelumnya, para peneliti juga pernah menganalisis apakah efek suara dapat mengubah persepsi tubuh. Ditemukan bahwa suara tampaknya memiliki efek yang lebih kuat pada perilaku tidak sadar sementara aroma memiliki efek yang lebih kuat pada perilaku sadar.

Meskipun begitu mereka masih harus melakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk lebih memahami potensi sekitar rangsangan sensorik dan multisensorik.

Baca Juga : Menghirup Asap Minuman Alkohol Jauh Lebih Berbahaya dari Menegaknya

Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)