Ini 5 Asupan yang Harus Dikonsumsi Agar Saraf Tetap Sehat

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: ilustrasi saraf otak Foto: ilustrasi saraf otak
Jakarta - Apa yang kita konsumsi mempengaruhi banyak hal dalam tubuh. Tak terkecuali kesehatan sistem saraf yang bisa disebabkan oleh asupan makanan tertentu.

Banyak orang sudah tahu kalau konsumsi makanan tak sehat yang tinggi gula atau garam bisa sebabkan obesitas hingga penyakit kardiovaskular. Tapi siapa sangka konsumsi makanan tak sehat juga mempengaruhi kesehatan sistem saraf. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian dalam Annals of Internal Medicine.

Diketahui bahwa konsumsi makanan tak sehat terlalu banyak seperti roti putih, kentang goreng, keripik kentang, hingga daging olahan bisa membuat seorang remaja kehilangan pendengaran dan penglihatannya berkurang. Ternyata ia didiagnosis alami neuropati optik nutrisi.

MNN (10/9) merangkum informasi bagaimana pola makan bisa mempengaruhi kesehatan otak, tulang belakang, hingga seluruh sistem saraf pusat Anda. Dianjurkan untuk mengasup makanan tinggi asam lemak omega 3 hingga vitamin B untuk menjaga kesehatan saraf.

Baca Juga: Rajin Makan Yogurt hingga Tempe Bisa Cegah Parkinson

1. Makanan untuk otak

Ini 5 Asupan yang Harus Dikonsumsi Agar Saraf Tetap SehatFoto: iStock

Otak adalah pusat kendali sistem saraf, yang artinya sangat dibutuhkan banyak asam lemak omega-3 agar otak tetap sehat. Anda bisa menemukan asam lemak omega-3 ini di dalam makanan seperti ikan, kenari, brokoli, biji rami dan kacang-kacangan. Asam lemak esensial ini juga dianggap dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

2. Banyak konsumsi vitamin B

Tiamin, salah satu vitamin B, juga penting untuk kesehatan saraf. Anda bisa temukan nutrisi dari vitamin B pada makanan sereal dan pasta yang sudah diperkaya. Biasanya kedua makanan itu mengandung vitamin B-kompleks. Bukan hanya itu, vitamin B dan B12 dapat mempertahankan selubung mielin Anda yang dapat mengelilingi dan melindungi saraf. Jika selubung mielin rusak, saraf Anda bisa kehilangan fungsi.

Jika Anda tidak bisa makan makanan yang mengandung vitamin B ini, Anda dapat menyerap vitamin-vitamin ini melalui suplemen B-kompleks.

3. Sayuran hijau

Ini 5 Asupan yang Harus Dikonsumsi Agar Saraf Tetap SehatFoto: Getty Images

Sayuran hijau daun dapat membantu menyembuhkan sistem saraf Anda. Mereka kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan magnesium, yang semuanya dapat membuat neurotransmiter Anda tersintesis dan bersirkulasi dengan baik. Konsumsi rumput laut juga dianjurkan untuk membantu fungsi sistem saraf Anda.

4. Pilih karbohidrat kompleks

Pada umumnya, tubuh dan otak Anda sangat membutuhkan energi dari glukosa, yang sebagian besar ditemukan dalam karbohidrat. Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Misalnya dari roti putih dan keripik kentang, kedua makanan ini tidak memberikan karbohidrat yang baik, justru akan merusak tubuh Anda karena kandungan gulanya.

Jadi Anda bisa konsumsi nasi atau pasta dari bijian utuh untuk mendapatkan karbohidrat yang baik agar bisa menstabilkan fungsi otak Anda.

5. Jangan makan banyak gula

Ini 5 Asupan yang Harus Dikonsumsi Agar Saraf Tetap SehatFoto: Istimewa

Alkohol, makanan kemasan, soda manis, dan makanan microwave ialah makanan yang kelebihan gula dan zat tambahan. Terlalu banyak gula dapat merusak keterampilan kognitif karena hal itu dapat melepaskan dopamin kimia, unsur utama dalam sistem otak Anda. Anda juga pasti tahu, jika gula dapat membuat ketagihan. Jadi Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit makakanan manis untuk kesehatan otak Anda.

Pola makan memang termasuk faktor terbesar dalam menjaga kesehatan apalagi dalam menjaga sistem saraf. Namun Anda juga tetap harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Baca Juga: Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi Penyebabnya

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com