Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi Penyebabnya

Riska Fitria - detikFood Senin, 02 Sep 2019 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Seringkali orang mengalami pusing kepala setelah makan. Gejala ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Menurut seorang dokter kesehatan, pusing setelah makan sering disebut sebagai vertigo postprandial. Terdapat beberapa faktor kesehatan yang bisa jadi penyebabnya. Seperti dilansir dari Medical News Today (28/8), berikut lima faktor yang menyebabkan vertigo postprandial.

1. Gula darah turun
Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Jika Anda merasa pusing setelah makan, bisa jadi karena kadar gula dalam darah sedang menurun secara drastis. Kadar gula atau glukosa yang rendah bisa membuat Anda merasa pusing bahkan tubuh menjadi lelah. Dalam medis, peristiwa ini disebut hipoglikemia reaktif.

Glukosa dalam darah didapatkan dari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Untuk mencegah hipoglikemia setelah makan, sebaiknya Anda mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat dan gula.

2. Tekanan darah rendah
Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Di dunia medis, tekanan darah rendah disebut sebagai hipotensi postprandial. Ini juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing setelah makan. Ini biasa terjadi pada orang dewasa, orang dengan penyakit Parkinson dan orang yang mengalami gangguan sistem saraf.

Orang dengan tekanan darah yang rendah dianjurkan untuk banyak minum air putih saat sebelum makan. Setelah itu jangan makan dalam porsi yang banyak setiap kali waktu makan. Lebih baik makan lebih sering dalam porsi yang sedikit.

Baca Juga : Kalau Nggak Ngopi Langsung Sakit Kepala, Kenapa Ya?

3. Konsumsi obat diabetes
Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes, pasti sering mengonsumsi obat diabetes. Beberapa obat diabetes seperti insulin itu diketahui dapat menyebabkan kepala pusing setiap kali setelah makan. Apalagi obat tersebut diminum beberapa saat sebelum makan.

Untuk itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat pengganti yang lebih baik, mengambil dosis yang lebih rendah atau mengatur jadwal makan supaya lebih teratur.

4. Konsumsi alkohol
Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Kepekaan tubuh terhadap beberapa makanan, minuman atau zat tertentu seringkali mengakibatkan kepala menjadi pusing setelah makan. Jika Anda sering mengalaminya, bisa mengantisipasi dengan memilih beberapa jenis makanan atau minuman yang lebih sehat dan dapat diterima baik oleh tubuh. Juga disarankan untuk menghindari zat-zat tertentu seperti kafein atau alkohol.

5. Berdiri setelah duduk
Pusing Kepala Setelah Makan? Mungkin 5 Faktor Ini Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Ketika selesai makan, jangan langsung berdiri untuk melakukan aktifitas baru. Hal ini bisa menjadi faktor yang dapat membuat kepala terasa pusing setelahnya. Ini terjadi karena saat langsung berdiri setelah makan dapat menurunkan tekanan darah, sehingga berlanjut dengan rasa pusing yang berlebih. Untuk itu disarankan duduk terlebih dulu setelah makan.

Baca Juga : Pusing Kepala? Atasi dengan Makanan Enak Rekomendasi Dr. Oz

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com