Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada Tubuh

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 09 Sep 2019 13:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Inflamasi atau peradangan merupakan reaksi sistem imun terhadap iritasi, cedera, atau infeksi. Biasanya inflamasi disertai bengkak atau sakit.

Inflamasi sebenarnya respon normal dan baik karena merupakan bagian alami dari penyembuhan. Tetapi mungkin saja pada kasus inflamasi kronis bisa berdampak negatif pada tubuh dan kesehatan Anda.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Termasuk mengonsumsi makanan bergizi yang menjadi bagian dalam diet antiinflamasi. Seperti dilansir dari Verywell Health (19/8), berikut makanan yang baik dikonsumsi saat sedang alami inflamasi.

1. Kacang almond

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: iStock

Kacang almond adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan mangan yang baik. Kacang ini juga merupakan sumber magnesium dan protein nabati. Dalam sebuah penelitian, makan almond telah dikaitkan dengan berkurangnya risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Almond juga sangat mengenyangkan. Jadi meskipun kandungan kalorinya lebih tinggi dari makanan anti-inflamasi lainnya, almond tetap dapat membantu turunkan berat badan Anda.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Alpukat juga merupakan sumber magnesium, serat, dan potasium yang sangat bagus. Hanya dengan makan setengah alpukat saja bisa menambah asupan vitamin C, A, E, dan B-kompleks harian Anda.

3. Brokoli

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: GettyImages

Brokoli adalah anggota keluarga sayuran yang kaya akan phytochemical yang disebut glukosinolat. Fitokimia ini adalah antioksidan kuat. Brokoli juga merupakan sumber vitamin C, kalium, kalsium, dan vitamin A yang sangat baik. Bahkan semuanya rendah kalori.

4. Blueberry

Blueberry mengandung banyak polifenol yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Fitokimia ini seperti flavonoid, antosianidin, asam fenolik, dan tanin, dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Studi laboratorium menunjukkan bahan kimia dalam blueberry juga dapat mencegah kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel dan mengurangi peradangan. Mereka juga rendah kalori dan menambahkan vitamin C, vitamin E, dan serat ke dalam makanan Anda.

5. Wortel

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: iStock

Wortel mengandung beta-karoten yang dapat dikonversi tubuh menjadi vitamin A, sehingga sangat penting untuk kesehatan. Wortel juga merupakan antioksidan yang kuat. Bukan hanya itu, wortel juga mengandung zeaxanthin dan lutein, yang juga terkait dengan vitamin A. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko kanker dengan mencegah kerusakan sel-sel sehat tubuh Anda.

Bahkan karena wortel rendah kalori dan sumber serat yang baik, wortel juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Perlu diingat bahwa obesitas adalah faktor risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

6. Kacang kering

Kacang kering seperti kacang navy, kacang merah, kacang pinto, dan kacang hitam, adalah sumber antiinflamasi yang sangat baik dari protein nabati, mineral, vitamin B-kompleks, dan vitamin K. Mereka juga penuh dengan serat bermanfaat dan mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

7. Kale

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: Istock

Kale adalah sumber vitamin A, C, dan K yang sangat baik. Sayuran superfood ini juga merupakan sumber kalsium, zat besi, magnesium, potasium, dan vitamin C. Kale juga rendah kalori dan memiliki sedikit serat.

Kale mengandung senyawa yang disebut glukosinolat yang dapat membantu mencegah kanker, ditambah lutein dan zeaxanthin, yang terkait dengan vitamin A dan dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena katarak dan degenerasi makula. Lutein juga dapat membantu mencegah aterosklerosis.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal baik untuk pembuluh darah dan memiliki polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel dalam tubuh Anda.

Minyak zaitun membantu mengurangi peradangan, mengurangi kolesterol tinggi, dan ada kemungkinan bahwa polifenol dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

9. Jeruk

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: iStock

Jeruk adalah sumber vitamin C dan potasium yang sangat baik. Jeruk juga mengandung serat, kalsium, dan folat. Serat dan folat dalam jeruk dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda, dan vitamin C nya sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh dan pembuluh darah yang sehat.

10. Ikan salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Studi menunjukkan orang yang memiliki asupan asam lemak lebih tinggi akan mencegah mata kering. Konsumsi omega-3 juga berkaitan dengan kesehatan jantung sebab lemak sehat dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kolesterol tetap terkendali.

11. Bayam

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: iStock

Bayam adalah salah satu makanan super antiinflamasi yang paling terkenal. Sayuran ini mengandung lutein, yang terkait dengan vitamin A dan beta-karoten. Bayam juga akan memberi Anda zat besi, vitamin K, dan folat, dan sangat rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk diet penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, mungkin memiliki risiko penurunan degenerasi makula.

12. Strawberry

Selain lezat, strawberry juga punya banyak manfaat kesehatan. Strawberry rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mereka juga memiliki sifat antiinflamasi dan banyak manfaat kesehatannya.

Hampir semua buah berry baik untuk Anda karena pigmen yang memberi warna ternyata juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

13. Ubi jalar

Konsumsi 13 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Peradangan pada TubuhFoto: iStock

Ubi jalar kaya akan vitamin dan mineral. Ubi jalar juga mengandung vitamin A sangat tinggi dan beta-karoten, yang merupakan antioksidan kuat. Mereka merupakan sumber yang sangat baik untuk banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan K, kalium, dan vitamin B kompleks.



Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com