Minuman Kimchi Terbukti Bisa Atasi Kebotakan dengan Cegah Rambut Rontok

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kimchi terkenal baik untuk kesehatan pencernaan. Kini peneliti kembali temukan manfaat kimchi melalui produk minuman yang bisa atasi kebotakan.

Kimchi merupakan makanan fermentasi khas Korea yang kini mendunia. Sebab kimchi yang dibuat dari sawi putih, mentimun atau lobak disebut-sebut sebagai super food dengan segudang manfaat. Utamanya untuk kesehatan pencernaan karena kimchi mengandung probiotik.

Bukan hanya kimchi segar, sekarang produk kimchi juga diklaim peneliti bermanfaat untuk kesehatan. Bagi orang-orang yang sedang berjuang melawan kebotakan, konsumsi minuman kimchi bisa jadi solusi karena mencegah kerontokan rambut.

Minuman Kimchi Terbukti Bisa Atasi Kebotakan dengan Cegah Rambut RontokFoto: Istimewa

Minuman kimchi kabarnya mampu melebatkan rambut yang sudah ada dan menumbuhkan rambut baru dalam hitungan minggu. Daily Mail (20/8) melaporkan para peneliti Dankook University di dekat Seoul mengamati 23 partisipan yang merupakan pria dewasa.

Sebagian dari mereka berada dalam tahap awal rambut rontok, sementara yang lain rambutnya mulai menipis di bagian atas. Para partisipan diminta mengonsumsi minuman kimchi sebelum sarapan dan tidur.

Setelah sebulan, rata-rata rambut mereka yang tumbuh naik dari sekitar 85 per cm persegi kulit kepala menjadi 90. Jumlah ini naik lagi menjadi 92 setelah partisipan rutin minum minuman kimchi selama 4 bulan.
Minuman Kimchi Terbukti Bisa Atasi Kebotakan dengan Cegah Rambut RontokFoto: iStock
Baca Juga: Sedang Dikembangkan Kimchi Tanpa Aroma Tajam untuk Pasar Mancanegara

Para peneliti mengatakan ini adalah peningkatan signifikan yang mampu atasi kerontokan rambut pada sebagian besar pria.

"Obat (kerontokan rambut) saat ini memiliki efek samping sehingga penggunaannya bersifat sementara, kami menemukan kimchi bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Ini adalah strategi pengobatan yang lebih aman bagi pasien," tulis peneliti dalam jurnal World Journal of Men's Health.

Manfaat lain dari kimchi adalah mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Sebab dalam pembuatannya, kimchi tak hanya dicampur bubuk cabai tapi juga tambahan bawang putih yang tinggi allicin dan selenium.

Minuman Kimchi Terbukti Bisa Atasi Kebotakan dengan Cegah Rambut RontokFoto: iStock

Allicin merupakan komponen yang dikenal dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dengan demikian akan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Sedangkan selenium dapat memberikan efek perlindungan pada dinding arteri sehingga mencegah penumpukan plak. Sebuah studi investigasi telah menganjurkan kimchi yang difermentasi untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)