Saat Diet, Lebih Baik Ngemil Gelato atau Es Krim?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ketika diet bukan berarti tak bisa manjakan diri dengan ngemil dessert enak. Untuk pilihan terbaik, mending ngemil gelato atau es krim ya?

Saat turunkan berat badan, makanan berbahan dasar susu seperti es krim kerap kali dihindari. Padahal di luar sana ada 'The Ice Cream Diet' yang dipercaya bisa bantu turunkan berat badan meski tetap membiarkan diri ngemil dessert enak ini.

Nah, selain es krim, gelato dianggap lebih sehat dan lebih baik dalam usaha menurunkan berat badan. Meskipun gelato dan es krim sama-sama mengandung susu, gula dan krim, namun ternyata ada perbedaan antara rasio susu dan krim diantara keduanya.

Saat Diet, Lebih Baik Ngemil Gelato atau Es Krim?Foto: Istimewa

Times of India (11/8) melaporkan es krim mengandung lebih banyak krim dan lebih sedikit susu, sedangkan gelato mengandung sedikit krim. Ini berarti gelato mengandung lemak 10 persen lebih sedikit, karena jumlah krim yang lebih sedikit dan lebih banyak susu. Maka bisa dikatakan gelato lebih baik dikonsumsi saat seseorang ingin turunkan berat badan.

Baca Juga: Gimana Rasanya Ya Gelato Bawang Putih Hitam & Tempe

Perbedaan lain diantara keduanya adalah tekstur. Gelato adalah dessert beku yang rasanya lebih kaya, lembut, berkrim, dan padat sehingga membuat Anda lebih merasakan banyak rasa di dalamnya. Sedangkan es krim, teksturnya ringan dan lembut karena mengandung udara yang lebih tinggi dibandingkan dengan gelato.

Donato Toce dari Gelato Messina, Australia juga sempat menjelaskan pada detikFood soal perbedaan gelato dan es krim lebih lanjut. Menurutnya gelato kandungan lemaknya lebih rendah, biasanya setengah dari kandungan lemak es krim.

Saat Diet, Lebih Baik Ngemil Gelato atau Es Krim?Foto: iStock

Sementara itu, udara dalam adonan gelato maksimum hanya 25%. Pada es krim, jumlah ini bisa mencapai 100%. Ini sebabnya tekstur es krim lebih ringan, sedangkah gelato lebih padat dan tebal

Soal rasa, gelato disebut lebih memuaskan dan kaya akan krim karena menggunakan lebih sedikit pemanis buatan dan umumnya menggunakan perasa dari sumber alami.

Jadi jika Anda ingin melakukan 'diet es krim', Anda bisa konsumsi gelato yang lebih rendah lemak sehingga mampu turunkan berat badan lebih cepat dibanding dengan es krim. Namun perlu diingat, gelato juga sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak melainkan hanya untuk 'menghadiahi' diri sendiri sesekali.

Baca Juga: The Ice Cream Diet, Makan Es Krim untuk Turunkan Berat Badan

Simak Video "Ada Kuliner Enak Dekat Halte Trans Jakarta Nih!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com