Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 11 Agu 2019 14:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Usai makan hidangan Idul Adha biasanya kadar kolesterol langsung naik. Konsumsi 5 makanan enak ini bisa mengatasinya.

Hidangan Idul Adha seperti gulai, sate, hingga kari kambing sering kali bikin orang lupa diri. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa memicu kenaikkan kolesterol jahat (LDL). Untuk mengatasinya, Healthline (9/8) merekomendasikan konsumsi 5 makanan enak ini.

Baca Juga: Apa Benar Makan Daging Kambing Picu Kolesterol Naik?

1. Alpukat

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: iStock

Terkenal sebagai buah favorit pelaku hidup sehat, alpukat mampu turunkan kolesterol. Buah lembut creamy ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat. Keduanya sangat baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sudah ada penelitian klinis yang membuktikan manfaat konsumsi alpukat untuk turunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obese dengan kolesterol LDL tinggi diminta makan satu alpukat per hari. Kadar LDL mereka yang rutin makan alpukat ternyata lebih rendah dibanding yang tidak.

2. Salmon
Salmon terkenal sebagai ikan dengan lemak sehat. Salmon mengandung banyak asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh. Asam lemak ini menyehatkan jantung dengan cara tingkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Juga mampu kurangi inflamasi dan risiko stroke.

Selain salmon, mackerel juga bisa jadi pilihan. Yang terpenting, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng. Kukus atau stew adalah yang terbaik, diikuti dengan panggang menggunakan minim minyak. Kalau ikan digoreng, konsumsinya justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Anggur dan strawberry

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: iStock

Secara umum konsumsi buah bagus untuk kesehatan jantung. Banyak buah juga kaya akan serat larut yang bantu turunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini bekerja dengan cara membuat tubuh menyingkirkan kolesterol dan menghentikan liver Anda memproduksinya.

Salah satu jenis serat larut bernama pektin bahkan dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Buah yang memiliki pektin antara lain apel, anggur, kelompok jeruk, dan strawberry. Secara khusus, banyak konsumsi anggur dan buah berry seperti strawberry juga bisa tingkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

4. Dark chocolate
Cokelat yang ampuh menurunkan kolesterol adalah dark chocolate. Ini karena kandungan cocoa di dalamnya. Peneliti membenarkan dark chocolate dan cocoa bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Cocoa dan dark chocolate juga mampu melindungi kolesterol jahat dalam darah dari oksidasi, yang mana hal ini menjadi sebab penyakit jantung. Tapi pastikan memilih dark chocolate yang tepat. Jangan yang ditambahkan gula karena justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Disarankan untuk konsumsi cocoa saja atau dark chocolate dengan kadar cocoa 75-85%.

5. Teh

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: iStock

Teh sudah terkenal dengan manfaat sehatnya untuk jantung. Meski yang populer disebut-sebut adalah teh hijau, teh hitam dan teh putih juga sebenarnya sama-sama bermanfaat. Dua komponen berkhasiat dalam teh adalah catechins dan quercetin.

Catechins bantu mengaktivasi nitric oxide yang penting untuk kesehatan tekanan darah. Catechins juga bantu hambat sintesis dan penyerapan kolesterol. Sekaligus bantu cegah pembekuan darah. Sementara quercetin meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

Meski sebagian besar penelitian mengaitkan teh dengan kolesterol jahat yang lebih rendah, penelitian juga mencampurnya dengan efek baik teh pada kolesterol baik dan tekanan darah.

Baca Juga: Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!

Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)