Buah Segar Bisa Jadi Sarapan Sehat, Ini 5 Manfaatnya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jika tak sempat menyiapkan makanan di pagi hari untuk sarapan, bisa ganti dengan konsumsi buah. Selain lebih praktis, buah punya banyak nutrisi untuk tubuh.

Sering terburu-buru di pagi hari, membuat banyak orang jadi malas sarapan. Selain itu alasan tak memiliki waktu untuk memasak atau menyiapkan sarapan, juga menjadi beberapa penyebab utama sarapan sering ditinggalkan.

Sebagai penunjang energi di pagi hari, buah bisa jadi alternatif sarapan yang sehat dan bergizi. dilansir dari Live Strong (07/08), ada beberapa alasan mengapa buah bisa menjadi pengganti menu sarapan.

Baca Juga: Ini Menu Sarapan Sehat Menurut Rekomendasi Ahli Gizi


1. Karbohidrat Kompleks

Tak Sempat Sarapan? Santap Saja Aneka Buah Segar Sehat di Pagi HariFoto: Istimewa

Agar perut kenyang dan berenergi di pagi hari, bisa menyantap makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Salah satu cara sehat untuk mendapatkan karbohidrat kompleks, dengan mengonsumsi aneka buah. Hampir semua buah mengandung gula alami, yang dianggap sebagai karbohidrat kompleks.

Selain itu buah juga kaya akan serat, sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan dari serat ini juga bisa menambah energi yang seimbang. Salah satu buah yang kaya serat ada pir, pisang, apel, hingga jeruk.


2. Kaya Akan Vitamin

Tak Sempat Sarapan? Santap Saja Aneka Buah Segar Sehat di Pagi HariFoto: Istimewa

Rutin mengonsumsi buah saat sarapan dapat mengisi asupan nutrisi harian. Selain kaya akan serat, beberapa buah merupakan sumber dari vitamin A dan C. Selain itu terdapat juga mineral potassium.

Menurut penelitian dari Institute of Medicine, pria membutuhkan 38 gram serat dan wanita membutuhkan 25 gram serat per hari. Sehingga dengan sarapan buah blueberry yang mengandung 3.6 gram serat dapat menambah asupan serat harian. Sementara itu bisa juga konsumsi buah apel atau pisang, yang bagus untuk tambahan serat dan potassium.


3. Rendah Kalori

Tak Sempat Sarapan? Santap Saja Aneka Buah Segar Sehat di Pagi HariFoto: Dok. iStock
Jika sedang diet atau tengah membatasi asupan kalori, jangan langsung meninggalkan sarapan. Banyak buah yang memiliki kalori rendah, seperti strawberry, jeruk bali, pepaya, hingga buah persik. Semuanya memiliki kalori di bawah angka 60.

Jadi bagi yang sedang berdiet bisa hindari konsumsi buah mangga, jeruk, anggur, ceri, dan pisang. Karena barisan buah ini memiliki kalori yang lebih tinggi, sehingga harus dibatasi porsinya.


4. Sumber Energi

Tak Sempat Sarapan? Santap Saja Aneka Buah Segar Sehat di Pagi HariFoto: Instagram

Sarapan dengan buah dapat meningkatkan sistem metabolisme, dan juga mengandung gula alami untuk
memberikan energi natural sepanjang hari. Berbeda dengan dorongan energi dari kafein, energi dari buah ini bertahan lebih lama.

Untuk jenis buah pendorong energi yang bisa dikonsumsi saat sarapan ada jeruk, lemon, dan tentu saja buah pisang.


5. Menu Sarapan yang Tepat
Tak Sempat Sarapan? Santap Saja Aneka Buah Segar Sehat di Pagi HariFoto: Istimewa

Siapa bilang sarapan dengan buah itu membosankan? Agar tak cepat bosan, bisa campurkan dua jenis buah atau lebih untuk menu sarapan. Salah satu kombinasi buah yang enak dan sehat ada campuran strawberry, blueberry, kiwi, dan pepaya.

Bagi yang suka yogurt, bisa juga jadikan yogurt ini sebagai tambahan saus atau cocolan yang kaya akan protein dan tetap sehat. Bisa juga tambahkan roti panggang jika sedang lapar.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Simak Video "Yummy! Es Buah Mangkok Kelapa Bikin Melek"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)