Sering Sarapan Bersama Orangtua Tumbuh Kembang Anak Jadi Lebih Baik

Riska Fitria - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Orang tua yang menemani anak saat sarapan, dipercaya bisa membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Itu terbukti dalam sebuah penelitian.

Sarapan menjadi bagian penting di pagi hari sebelum menjalankan kegiatan. Khususnya untuk anak-anak bisa dikaitkan dengan tingkat kewaspadaan dan pembelajaran. Apalagi jika sarapan anak ditemani dengan kedua orang tuanya.

Sebuah penelitian di Social Work and Public Health baru saja menemukan manfaat dari menemani anak ketika sarapan bagi orang tua. Yaitu membantu pertumbuhan tubuh pada anak menjadi lebih baik.
Sering Sarapan Bersama Orangtua  Tumbuh Kembang Anak Jadi Lebih BaikFoto: iStock

Penelitian tersebut melibatkan peserta lebih dari 12.000 siswa, seperti yang dilansir dari Lokal 2 (1/8). Para peneliti melakukan penelitian dengan mempelajari perilaku makan siswa, termasuk seberapa sering siswa makan sarapan, dan seberapa sering mereka ditemani dengan orang tua mereka saat sarapan.

Baca Juga : Ini Menu Sarapan Sehat Menurut Rekomendasi Ahli Gizi

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa 1 dari 3 siswa tidak makan sarapan secara teratur. 1 dari 5 siswa melakukan sarapan dengan teratur. Dan sisanya ditemukan bahwa banyak siswa yang lebih jarang sarapan bersama orang tua mereka setiap hari.

Dari klasifikasi siswa yang lebih sering sarapan bersama orang tua, ditemukan bahwa mereka lebih memiliki postur tubuh yang proporsional dan ideal. Selain itu, mereka juga dinilai memiliki kesehatan tubuh yang baik.
Sering Sarapan Bersama Orangtua  Tumbuh Kembang Anak Jadi Lebih BaikFoto: iStock

Sementara sebaliknya, para siswa yang tidak sarapan, tubuhnya tidak sehat dan postur tubuhnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

Untuk itu, para peneliti menyarankan bagi orang tua agar turut duduk bersama di meja makan bersama anak untuk sarapan bersama atau hanya sekadar menemaninya sarapan. Hal itu tampaknya bisa membantu membentuk perilaku yang sehat bagi anak-anak.

Baca Juga : Menu Sarapan Orang Indonesia Ternyata Masih Kurang Sehat

Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)