Tak Hanya Kopi, Ini 8 Makanan yang Bisa Buat Tubuh Berenergi

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 27 Jul 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buat yang tak suka kopi, ada banyak makanan lain yang bisa memasok energi. Seperti beberapa makanan enak kaya nutrisi ini.

Biasanya orang rutin minum kopi di pagi hari guna mendapat energi atau sebagai penyemangat. Kopi mengandung kafein yang dipercaya bisa membantu fungis kognitif dan mood seseorang. Namun, minum kopi terlalu banyak justru bisa memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari Oracle Record (24/7) berikut 8 makanan yang bisa memberikan energi layaknya minum kopi.

1. Apel
Tak Hanya Kopi, Ini 8 Makanan yang Bisa Buat Tubuh BerenergiFoto: iStock

Buah Apel diketahui kaya akan quercetin dan antioksidan yang berfungsi melindungi penuaan sel dalam tubuh. Kandungan quercetin pada buah apel juga diyakini bisa meningkatkan stamina.

Dengan rutin mengonsumsi apel tubuh akan melepaskan energi secara perlahan sehingga bisa jadi pengganjal dan penyedia energi yang baik selama belum ada makanan berat.


2. Telur

Telur adalah bahan makanan yang paling banyak dipilih lantaran mudah untuk diolah. Biasanya telur diolah dengan cara digoreng ataupun direbus. Sebelumnya telur dikenal akan khasiatnya yang bisa memberikan energ. Hal tersebut dibuktikan dari kandungan protein di dalamnya. Kuning telur sendiri kaya akan vitamin B dan kolin mikro nutrisi yang bisa mengubah makanan menjadi energi.

3. Yogurt
Tak Hanya Kopi, Ini 8 Makanan yang Bisa Buat Tubuh BerenergiFoto: iStock

Yogurt dinilai bisa memberikan stamina dan energi pada tubuh lantaran di dalamnya mengandung probiotik. Probiotik merupakan sejenis bakteri baik yang berperan melancarkan pencernaan dan membantu menghempaskan mikroorganisme berbahaya. Selain itu juga terdapat kandungan protein dan bakteri asal laktat yang mampu meningkatkan metabolisme sehingga berujung pada stamina yang lebih kuat.

Baca Juga : Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka dan Ngeteh

4. Cokelat

Selain lezat, cokelat juga memiliki khasiat. Salah satunya sebagai cadangan energi untuk tubuh. Cokelat yang baik adalah cokelat yang diolah dari buah kakao yang berkonsentrasi tinggi, karena kakao jenis tersebut dijamin bisa mengurangi stes dan meningkatkan energi dan konsentrasi. Jenis cokelat yang baik untuk dikonsumsi adalah cokelat hitam yang mengandung beberapa kafein yang berperan seperti kopi.

5. Rempah-rempah
Tak Hanya Kopi, Ini 8 Makanan yang Bisa Buat Tubuh BerenergiFoto: iStock

Dikenal sebagai bumbu dapur, jenis rempah-rempah ini juga berkhasiat untuk memberikan energi dan stamina yang kuat untuk tubuh. Jenis rempah tersebut seperti kayu manis, jinten, paprika, paprika merah. Rempah-rempah tersebut bisa meingkatkan metabolisme. Untuk itu disarankan untuk menambahkan jenis rempah tersebut ke dalam sajian makanan Anda, seperti bubur atau telur dadar.

6. Madu

Madu mengandung gula alami yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu madu juga mengandung mineral penting. Dengan rutin mengkonsumsi madu setiap hari diyakini bisa memberikan stamina yang baik untuk tubuh sehingg Anda bisa berenergi seperti Anda mengkonsumsi kopi.

7. Jeruk
Tak Hanya Kopi, Ini 8 Makanan yang Bisa Buat Tubuh BerenergiFoto: iStock

Jeruk memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Bukan hanya pada buahnya, tetapi khasiat tersebut juga diberikan dari aroma buahnya. Hal tersebut dikatakan oleh sebuah penelitian bernama The National Sleep di Amerika. Lebih lanjut penelitian tersebut juga menemukan bahwa buah jeruk membuat kekuatan pada tubuh terjaga.

8. Bubur

Bubur menjadi menu sarapan yang paling ideal. Hal tersebut karena bubur kaya akan serat dan karbohidrat yang kompleks. Dengan mengkonsumsi bubur sebagai menu sarapan akan membuat metabolisme menjadi lancar. Sehingga stamina dan energi Anda akan terjaga dengan baik.

Baca Juga : Mudah Lelah? Tambah Energi dengan 5 Makanan Sehat Alami Ini

Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)