Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka dan Ngeteh

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 23 Apr 2019 07:51 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Capek banget karena bekerja seharian? Anda bisa atasi lelah dengan makanan enak ini. Buah semangka, chia seed hingga teh hangat bisa bikin tubuh segar.

Satu-satunya obat untuk menghilangkan kelelahan adalah dengan beristirahat. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang bisa membantu Anda hilangkan rasa lelah.

Ada peneliti yang mengatakan bahwa kunci dalam menghilangkan rasa lelah adalah dengan menghindari makanan yang bisa membantu kerja tubuh semakin berat. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, gula, alkohol, gorengan, makanan asin, karbohidrat olahan, dan makanan kemasan.

Makanlah seperti biji-bijian yang dikonsumsi dengan protein dapat membantu memperpanjang energi. Kemudian perhatikan asupan gula Anda. Permen, kue kering, atau bahkan granola memang dapat meningkatkan energi, tetapi energi tersebut juga cepat menurun.

"Kami sangat menekankan pada minuman berkafein, tetapi itu hanya dapat meningkatkan energi sesaat," kata Jim White, R.D, pemilik Jim White Fitness di Virginia.

Seperti yang telah dilansir dalam Mens Journal, berikut makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa lelah.

Baca Juga: Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet Gagal

1. Chia Seed

Chia seeds memang belum dipastikan apakah efektif hilangkan rasa lelah atau tidak. Tetapi chia seed mengandung 2.5 gram protein dan 5 gram serat setiap sendok makan chia seeds. Chia seed juga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan kandungan asam lemak omega-3 yang sehat dapat melawan peradangan untuk menjaga otot tetap segar.

Chia seeds juga dapat memberi Anda asupan magnesium, potasium, dan zat besi, serta antioksidan berupa quercetin yang telah terbukti dapat membantu kinerja atletik dan pemulihan. Bahkan kini chia seeds sering digunakan di beberapa minuman olahraga populer.

Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka Hingga Ngeteh Foto: iStock

2. Semangka

menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, ketika Anda mengalami dehidrasi ringan, tentu akan membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya.

Saat dehidrasi terjadi, tentu Anda akan banyak minum air di siang hari, tetapi Anda juga dapat memasukan air ke dalam tubuh Anda melalui makanan.

Semangka termasuk buah yang baik dikonsumsi saat merasa lelah akibat dehidrasi. "Semangka memiliki air sebanyak 90 persen, yang membantu mencegah dehidrasi dan merupakan sumber energi yang baik," ungkap White.

3. Susu

Selain mengisi tubuh Anda dengan air, susu juga membantu Anda menjaga keseimbangan elektrolit saat Anda berkeringat. Susu juga memiliki protein dan karbohidrat yang membangkitkan energi.

Satu gelas susu sebelum tidur dapat membuat otot Anda terasa lebih kuat di pagi harinya. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise juga menemukan bahwa dengan minum susu di malam hari dapat mendorong pemulihan dan pertumbuhan otot.

Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka Hingga Ngeteh Foto: iStock

4. Oatmeal

Saat bangun tidur, tentu Anda merasa lelah. White menyarankan Anda untuk konsumsi semangkuk oatmeal di pagi hari. Menurut Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames, ahli gizi berbasis di New York City yang dikenal sebagai Nutrition Twins mengatakan oats mengandung karbohidrat berkualitas yang disimpan dalam tubuh sebagai glikogen dan menyediakan bahan bakar untuk otak dan otot kita.

5. Biji-bijian

Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna yang dapat memperpanjang peningkatan energi.

"Serat juga menjaga energi tetap optimal karena membantu menstabilkan gula darah," kata Lakatos dan Shames. Biji-bijian juga mengandung magnesium. "Magnesium membantu menenangkan sehingga tubuh dapat beristirahat dan memulihkan energi," kata Lakatos dan Shames.

6. Kacang

Kacang mengandung protein dan serat, yang membantu meningkatkan energi dan membuatnya tetap stabil, kata Lakatos dan Shames.

"Kacang juga bagus untuk mengisi dan meningkatkan energi setelah berolahraga. Pistachio panggang adalah cara alami untuk mendapatkan kembali beberapa elektrolit yang hilang selama latihan yang membuat Anda lelah, seperti kalium dan natrium" kata mereka.

7. Jamur Crimini

Menurut Lakatos dan Shames, jamur merupakan sumber vitamin B riboflavin, asam pantotenat, dan niasin yang juga merupakan sumber thiamin, vitamin B6, dan folat yang baik.

Vitamin B sangat penting diproduksi untuk menghasilkan energi. Riboflavin juga bekerja untuk membantu tubuh menghasilkan energi. Sedangkan asam pantotenat dapat melawan rasa lelah selama masa stres dengan mendukung kelenjar adrenal, dan niasin yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka Hingga Ngeteh Foto: iStock

8. Ubi jalar

Tak hanya mengandung karbohidrat dan serat. Ubi jalar juga mengandung kalium.

Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit yang memungkinkan kita untuk tetap terhidrasi secara maksimal. Kalium juga membantu menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi stres di dalam tubuh yang dapat membuat kelelahan.

9. Telur

"Telur adalah sumber energi yang hebat. Telur memiliki zat besi, zinc, dan banyak protein," kata White.

Sebuah penelitian tahun 2009 menemukan bahwa protein tidak hanya membantu membangun otot atau membuat Anda kenyang lebih lama tetapi juga dapat menambah energi.

Protein dalam telur membantu menjaga kadar gula darah. Kandungan asam amino leucine, yang merupakan bagian penting dari sintesis protein dapat membantu dalam pertumbuhan dan pemulihan otot. Sementara itu, vitamin B membantu produksi energi dalam tubuh.

Letih Banget? Pulihkan Energi dengan Makan Semangka Hingga Ngeteh Foto: Istock

10. Teh Hitam, teh hijau, atau Oolong

Tidak seperti secangkir kopi. Teh mengandung asam amino theanine, dimana Anda akan mendapat dorongan dari kafein lebih sedikit dibandingkan dengan secangkir kopi. Pastikan Anda tidak minum saat sebelum tidur karena kafein akan mempengaruhi tidur Anda.

Baca Juga: 12 Manfaat Rajin Minum Teh untuk Kesehatan (lus/lus)