Populer Sebagai Menu Sarapan Sehat, Chia Seed Bisa Picu Masalah Kesehatan

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 25 Jul 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyebut chia seed banyak orang langsung mengaitkannya dengan super food alias makanan bernutrisi super. Faktanya, chia seed bisa picu masalah kesehatan.

Chia seed atau biji chia belakangan ini digemari para pencinta gaya hidup sehat. Di balik bentuknya yang mungil, chia seed memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, apalagi untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan hingga ideal.

Chia seed konon berasal dari Meksiko. Bahan makanan ini telah lama digunakan oleh suku Maya dan Aztec. Chia seed termasuk bahan makanan serba guna yang bisa dicampurkan dalam beberapa sajian seperti puding dan smoothie bowl.

Populer Sebagai Menu Sarapan Sehat, <i>Chia Seed</i> Bisa Picu Masalah KesehatanFoto: iStock

Soal nutrisi, menurut US Department of Agriculture, chia seed mengandung 34,4 g serat makanan, 16,5 g protein bebas gluten, dan 26 g asam lemak tak jenuh untuk tiap 100 gramnya.

Manfaat sehat chia seed yang terkenal antara lain meningkatkan energi dan metabolisme hingga melawan kanker payudara berkat kandungan asam lemak omega 3nya. Chia seed juga makanan tinggi serat sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Di balik manfaat sehatnya, ada laporan dari para peneliti Polandia seperti dimuat dalam jurnal Nutrients mengenai bahaya chia seed. Dikutip dari South China Morning Post (24/7), mereka mengatakan konsumsi chia seed bisa berbahaya untuk mereka yang alami kondisi medis tertentu.

Populer Sebagai Menu Sarapan Sehat, <i>Chia Seed</i> Bisa Picu Masalah KesehatanFoto: iStock

Baca Juga: Bagaimana Mengolah Si Kecil Biji Chia yang Enak dan Sehat

Dr Jimmy Louie Chun-yu, asisten profesor di Fakultas Ilmu Biologi Universitas Hong Kong mengatakan orang yang menderita stroke harus berhati-hati dalam mengonsumsi chia seed. Sebab kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada chia seed dapat mengencerkan darah.

Orang-orang yang sudah menjalanin terapi pengencer darah harus membatasi asupan chia seed karena dapat menghambat kemampuan darah untuk menggumpal yang berujung pada sirkulasi darah. Itulah sebabnya pula chia seed tidak disarankan untuk penderita tekanan darah rendah.

Populer Sebagai Menu Sarapan Sehat, <i>Chia Seed</i> Bisa Picu Masalah KesehatanFoto: iStock

Kemudian Louie juga mengatakan bahwa orang yang memiliki gangguan saluran pencernaan tidak dianjurkan untuk konsumsi chia seed setiap hari. Kandungan serat dari chia seed yang tidak tercerna akan menyebabkan masalah pencernaan baru seperti perut buncit, sembelit, diare dan kembung.

Dalam beberapa kasus, biji chia bisa sebabkan reaksi alergi. Kondisi ini terutama terjadi para orang-orang yang alergi biji wijen atau mustard.

Soal manfaat sehat, kandungan serat larut yang ada pada chia seed sangat tinggi sehingga bijinya dapat mengembang hingga 12 kali lipat dari berat aslinya ketika di dalam air. Sifat chia seed inilah yang mampu membuat Anda merasa lebih kenyang dan membuat nafsu makan berkurang.

Populer Sebagai Menu Sarapan Sehat, <i>Chia Seed</i> Bisa Picu Masalah KesehatanFoto: iStock

Manfaat lainnya, asam lemak yang ada pada chia seed adalah asam alfa-linolenat (ALA). Asam lemak ini merupakan jenis omega-3 yang sehat untuk jantung dan otak sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga merupakan agen anti-inflamasi.

Dalam mengonsumsinya, Louie menyarankan untuk konsumsi satu hingga dua sendok makan chia seed per harinya. Anda bisa taburkan pada makanan atau dicampur ke dalam minuman.

Baca Juga: Selain Chia Seed, Biji-bijian Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan



Tonton juga video 3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/adr)