Bagaimana Mengolah Si Kecil Biji Chia yang Enak dan Sehat?

Tia Reisha - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 11:03 WIB
Biji Chia/ Foto: Istimewa Biji Chia/ Foto: Istimewa
Jakarta - Meski ukurannya kecil, ternyata biji chia bisa melengkapi berbagai jenis makanan dan minuman sehingga membuatnya terasa lebih enak. Bukan cuma enak, biji chia yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan pun pastinya bisa bikin setiap makanan dan minuman menjadi lebih menyehatkan.

Untuk mengonsumsi biji chia, rendam terlebih dahulu dalam air mineral sebelum mencampurkannya dengan makanan atau minuman seperti es campur, jus, dan lainnya. Agar lebih variatif dan menyehatkan, coba mengolahnya menjadi Chia Smoothie. Buat smoothie dari buah favorit yang masih segar lalu tambahkan biji chia sebagai pelengkap. Dijamin segar dan sehat.


Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, biji chia memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya tinggi Omega-3, yakni 63% dari total lemak yang terkandung dalam biji chia. Kandungan lainnya adalan tinggi serat larut sebanyak 98% dari total karbohidrat yang terkandung di dalamnya, tinggi Asam Amino, yakni 9 dari 10 Asam Amino Esensial, tinggi antioksidan, juga mengandung mineral seperti kalsium, zinc, potasium, dan phosphorus.

"Biji chia baik untuk proteksi jantung karena mencegah penyerapan kolesterol dari saluran cerna, ramah untuk diabetesi karena jenis karbohidrat yang tidak diserap tubuh dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Menjaga berat badan karena serat larut membuat rasa kenyang lebih lama, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi atau diare," ujar dr. Helmin kepada detikFood, Jumat (26/4/2019).


Menurutnya, biji chia bisa dikonsumsi sampai 50 gram per hari. Bahkan takaran ini terbukti baik bagi penyandang diabetes, sedangkan untuk takaran di bawah 50 gram dapat membantu kecukupan serat, omega-3, dan nutrisi lainnya bagi tubuh.

Selain mudah dikonsumsi karena bisa dicampur dengan makanan dan minuman, mengkonsumsi biji chia juga makin mudah dengan hadirnya H2 Chia Seed yang dikemas secara praktis untuk dibawa ke manapun, termasuk ketika sedang traveling. (ega/mul)