Mengapa Terlalu Banyak Asupan Garam Bikin Perut Kembung?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 18 Jul 2019 08:00 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Perut kembung timbulkan rasa tak nyaman. Salah satu pemicunya disebut karena terlalu banyak asupan garam. Benarkah hal ini?

Perut kembung timbulkan rasa tak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas karena menyebabkan rasa sakit dan gelisah. Kondisi ini bisa dipicu beberapa alasan seperti makan berlebihan, tidur larut malam, dan terlalu banyak makan junk food yang biasanya tinggi garam.

Times of India (2/7) melaporkan kembung terjadi karena peningkatan asupan natrium dalam makanan yang dapat menahan air lebih banyak saat di dalam tubuh. Hal ini dipicu dari kebiasaan menambahkan garam yang banyak ke dalam makanan atau terbiasa makan junk food. Bukan hanya kembung, terlalu banyak natrium juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang memicu hipertensi.

Benarkah Terlalu Banyak Asupan Garam Bikin Perut Kembung?Foto: Istock

Perlu diketahui, asupan garam sebenarnya dibutuhkan setiap harinya untuk membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Namun terlalu banyak garam juga tidak baik.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Bikin Perut Begah dan Kembung

Bukan hanya kembung yang terasa ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, tetapi ada hal lain yang bisa terjadi. Anda akan mulai sering merasa haus, lebih sering buang air kecil, dan sering merasa sakit kepala.

Terlalu banyak asupan garam juga dapat meningkatkan tekanan darah, yang memiliki efek langsung pada kesehatan jantung. Memang tidak mudah untuk mengurangi garam, karena makanan yang hambar juga tidak enak untuk dimakan, tetapi Anda dapat menguranginya secara bertahap.

Benarkah Terlalu Banyak Asupan Garam Bikin Perut Kembung?Foto: Istimewa

Anda bisa menghilangkan kembung dengan minum lebih banyak air karena asupan air yang lebih banyak akan menyebabkan turunnya natrium dalam tubuh. Jika Anda juga ingin meningkatkan asupan potasium, Anda bisa makan lebih banyak pisang, jus jeruk, stroberi dan yogurt. Makanan ini bisa membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

Cara lain untuk mengurangi natrium adalah dengan mengeluarkan keringat, seperti olahraga ringan. Hal ini perlu dilakukan rutin agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Tak Sekadar Asin Saja, Garam Juga Ada 6 Jenis

(adr/adr)